Ternak Ayam Kapas Yang Menggemaskan

TERNAK AYAM KAPASAyam hias yang satu ini memang cukup menggemaskan. Bentuk bulu yang lembut dipadu dengan warna putih bersih membuat ayam Kapas banyak penggemar. Meskipun warna putih cukup banyak dijumpai pada ayam kapas, namun sebenarnya ayam kapas ada berbagai warna seperti coklat merah dan hitam. Di Amerika warna ayam kapas bermacam-macam seperti abu-abu, biru, blorok, partridge, burik, dan lain-lain. Warna ini diperoleh dari hasil persilangan berbagai warna ayam kapas yang ada.

Karakteristik Ayam Kapas

Asal mula ayam kapas konon berasal dari daratan Cina yang disebarluaskan oleh Marcopolo ke berbagai negara di Eropa. Ayam Kapas memliki folikel bulu tidak melekat satu dengan lainnya sehingga ayam ini nampak seperti kapas atau sutra

Ayam kapas memiliki beberapa kelebihan dari tampilannya selain bulunya yang tidak mempunyai folikel hingga bulu tidak melekat satu sama lain dan nampak seperti kapas. Ayam kapas juga memiliki jari cakar sebanyak 5 buah, berbeda dari ayam biasanya yang mempunyai jari kaki sebanyak 4 buah. Kaki ayam kapas biasanya berbulu walau di temukan juga ayam kapas yang jari kakinya tidak berbulu.

Banyak orang meyakini ayam kapas dengan daging yang berwarna hitam dipercaya bisa menghindarkan penyakit sakit persendian seperti reumatik dan lain-lain. Biasanya daging ayam kapas di jadikan sup ginseng ayam yang berhasiat dan juga mahal.

Ayam ini mempunyai pial/jengger seperti bunga mawar atau rose. Pialnya besar dan terdiri dari beberapa baris pial bergerigi. Beberapa ayam kapas memiliki jambul dibelakang pial. Jenggernya ada yang berwarna merah atau ada yang berwarna biru.

Ayam kapas termasuk jenis ayam petelur yang cukup produktif, dalam setahun ayam kapas betina bisa menghasilkan telur lebih dari 200 butir. Dengan produksi telur yang lumayan besar ini, ayam kapas cocok dijadikan sebagai ayam kampung petelur, karena karakter daging dan telur mirip dengan ayam kampung.

ayam-kapas-hitam

Ayam Kapas Hitam

Memelihara Ayam Kapas

Memelihara ayam kapas pada dasarnya hampir sama dengan ayam kampung atau ayam jenis lainnya. Pemeliharaan ayam kapas bisa dilakukan dengan cara diumbar, kandang terbatas atau bahkan kandang khusus sebagai pajangan. Yang penting kandang ayam kapas harus cukup mendapatkan sinar matahari, terutama pagi hari. Lebih bagus jika kandang menghadap timur sehingga matahari pagi bisa masuk ke kandang. Kandang harus selalu kering dan tidak lembab, sehingga ventilasi yang cukup penting untuk kesehatan ayam kapas.

Pemberian pakan tidak ada bedanya dengan ayam kampung atau ayam jenis lain, misalnya saja dedak, nasi, biji bijian seperti jagung, gabah kedelai. Untuk ayam kapas yang masih kecil, pemberian Voer akan membantu pertumbuhan ayam.

Karena ayam kapas dilihat keindahan pada bulunya, maka pemeliharaan harus memperhatikan kebersihan kandang sehingga ayam selalu tampak bersih dan indah. Kotoran ayam atau sisa makanan yang menempel pada bulu akan mengurangi keindahan ayam kapas.

Leave a Reply

You might also likeclose