Ternak Ayam Serama

Yuk Ternak Ayam Serama

ternak-ayam-serama

TERNAK AYAM SERAMA — Ayam dari negeri Jiran ini dikenal memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia, lebih kecil dari ukuran tubuh Ayam kate. Namun demikian keuntungan bisnis ternak ayam serama tidak semungil ukuran tubuhnya. Semakin kecil ukurannya justru semakin mahal. Ditambah lagi kemampuan lenggak-lenggok ayam serama di catwalk kontes menambah nilai jual ayam serama semakin meroket. Jika sudah demikian harga ayam serama bisa mencapai puluhan juta. Bisnis ternak ayam serama memang tidak memerlukan lahan yang luas, sehingga bisa dijadikan hiasan sekaligus usaha sampingan.

Sesuai dengan ukurannya yang mini , bobot ayam serama dewasa kurang dari 500 gram saja. Namun demikian harganya cukup lumayan sekitar 1 sampai 2 juta per pasang tergantung kualitasnya.
Biasanya Ayam serama diternakkan sebagai ayam hias. Selain itu beberapa kontes ayam serama turut memberikan andil dalam meramaikan bisnis ternak ayam serama.

Meski ukurannya mini , ayam serama dikenal sebagai ayam yang suka bergaya dan ayam pemberani meski berhadapan dengan ayam yang lebih besar ukurannya. Selain itu nafsu birahi ayam serama juga dikenal cukup besar.

Problem ternak ayam serama adalah pada proses perkawinan, meski memiliki nafsu bisarhu yang tinggi ayam serama terkadang mengalami masalah dalam hal perkawinan. Terkadang karena ukurannya yang kecil membuat pejantan sulit membuahi sel telur betina. Sehingga perlu dibantu oleh manusia. Masalah lain birahi pejantannayam serama yang tinggi membuat perilakuknya brutal sehingga bulu ayam betina rusak bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Selain itu telur yang dihasilkan ayam serama betina cukup sedikit, hanya 5-7 butir salam sebulan. Bisnis ternak ayam serama memang penuh dengan ketelatenan dari mulai pemeliharaan sampai proses mengawinkan. Namun hasilnya cukup lumayan.

Leave a Reply

You might also likeclose