Ayam Kampung Super

Analisa Ternak Ayam Kampung Super

Ayam-Kampung-Super

AYAM KAMPUNG SUPER — Komoditas yang satu ini kian hari kian meningkat popularitasnya. Hal ini seiring dengan perkembangan usaha ayam kampung yang menjadi ladang bisnis yang makinlaris. Permintaan daging ayam organik mengalami peningkatan yang cukup sigificant di berbagai daerah. Ternak ayam kampung super menjadi salah satu jawaban dari permasalahan para peternak akan lambatnya pertumbuhan ayam kampung. Berbeda dengan ayam broiler yang bisa panen dalam waktu 40 hari saja. Ayam kampung super atau ayam Jawa super memiliki pertumbuhan yang cukup pesat dibandingkan dengan ayam kampung biasa meski lebih lama jika dibandingkan ayam broiler. Dalam masa pemeliharaan 45 sampai 60 hari ayam kampung super sudah bisa dipanen.

Masa panen ayam kampung super yang singkat, hal ini memberikan banyak keuntungan diantaranya resiko kematian yang kecil dan menghemat biaya pemeliharaan termasuk pakan ayam. Ayam kampung super merupakan persilangan ayam kampung biasa dengan ayam petelur, sehingga anakannya memiliki pertumbuhan yang cepat.

Dari segi harga jual, ayam kampung harganya lebih tinggi dibandingkan dengan ayam broiler, berkisar dari 17 ribu sampai 25 ribu per kilogram.

Ayam-Kampung-Super

Ternak Ayam Kampung Super, Cepat Besar

Cara pemeliharaan ayam kampung sendiri cukup mudah, hanya tinggal menyediakan kandang terbatas dengan alas sekam dan diberi lampu secukupnya. Pemberian pakan hanya satu kali saja pada wadah yang berbentuk seperti galon air mineral, sehingga pakan akan keluar jika dimakan ayam. Dengan demikian tidak perlu khawatir jika dijadikan usaha sampingan.

Analisis Usaha Ayam Kampung Super

Jika berminat dalam bisnis ayam kampung super ini , berikut analisis bisnis ternak ayam kampung super per 100 ekor :

A. Pengeluaran

No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah
1 Pembelian bibit Rp. 4.000 100 ekor Rp. 400.000
2 Pakan 0 – 60 hari Rp. 226.000 4 Sak Rp. 904.000
3 Vitamin dan Vaksinasi Rp. 100.000 Rp. 100.000
Jumlah Rp 1.404.000,-

B. Pemasukan

Diasumsikan , angka kematian adalah 10 ekor dari jumlah 102(100 ekor plus bonus 2 ekor) maka pada saat panen masih tersisa 92 ekor dengan berat rata-rata apabila habis pakan 4 sak adalah 0,8 – 1 kg.

Harga ayam terendah adalah Rp 17.000,-/kg (hanya terjadi pada panenan bulan November
dan Februari). Fluktuasi harga antara Rp 17.000,- s.d Rp. 25.000,- per kilogram (kg).

No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah
1 Penjualan Ayam Rp 22.000/kg 0.9kg x 92 = 82.8 kg 1.821.600
Jumlah Rp 1.404.000,-

 

Pendapatan Bersih = Pemasukan – Pengeluaran
= Rp 1.821.600 – Rp.1.404.000
= Rp 417.600,

 

Jika memiliki keinginan untuk mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan, mungkin bisnis ternak ayam kampung super ini layak dicoba.

 

 

Sumber:

http://www.jack-jogja.blogspot.com/

15 Responses to Analisa Ternak Ayam Kampung Super

  1. inung says:

    bisa tau cara pemesanannya dan minimum brp?

    admin Reply:

    Coba PM saja di kontak yang ada di web ayam kampung super.

  2. warno says:

    bos bisa ga buat wilayah indramayu trs berapa harga doc per ekorya kalo hagaya pas aku mau nyoba 50 ekor

  3. novan says:

    mo pesan bibitnya dimana tolong hub.no.085731912065 novan madiun…serius
    karena saya mo usaha ayam

  4. untuk update terbaru analisa ternak ayam kampung bisa cek di ayamkampungku.com/ternak-ayam-kampung-super”

  5. Daniel sinambela says:

    Mohon diinfo untuk 1 ekor ayam kampung super berapa yah kalo beli nya banyak. mis 100 ekor berapa lengkap dengan vaksin pendukung sampai dengan ayam siap panen.. jika bisa sekaligus pakan yang dibutuhkan sampai dengan panen untuk periode pembelian november ini.. tks

  6. dimas lelono (Agung Prayitno), Bengkulu says:

    untuk pak drh. berlianagara. AH, kemarin saya pesan DOC lewat distributor bapak yang di bengkulu, bernaman ibu neneng, jumlahnya ada yang kurang dan kematiannya masih dlm box sampai 13 ekor dan sudah membusuk, juga DOC nya kurang bagus dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dimana DOC nya kecil2.

    admin Reply:

    Silahkan Kontak Ybs pak

  7. dimas lelono (Agung Prayitno), Bengkulu says:

    untuk saudara ku yang mau usaha ayam jawa super sangat menjanjikan apalagi tempat tinggalnya di kota besar, karena tempat pembuangannya sangat mudah. kalau untuk lahan bisa menggunakan lahan sempit dengan sistem rak bertingkat. kalau takut bau kotorannya bisa diakali dengan dolomit. semoga sukses
    Harga DOC di bengkulu 7.500/ekor ini sdh biaya ongkir (saya ambil dari blok ini) kebetulan ada distributornya di bengkulu

  8. Nataniel says:

    Dear,
    Sya saat ini sudah memuai usaha ternak ayam kampung tetapi hanya sebagai sampingan saja, saat ini sy ingin mengembangkan usaha ayam kampung sy tsb. Sya ingin bertanya dri mana say mndapat DOC ayam kampung super di lokasi saya, saat ini saya brdomisii di Siantar Kab Simalungun. Sumatera Utara…
    Tolong infonya pak, saya sudah menyiapkan kandang 20×20 Meter untuk pengembangan usaha ternak ayam kampung saya ini..

  9. tatang says:

    saya berminat sekali untuk usaha beternak ayam kampung/ayam buras. saya tinggal di Tasikmalaya, apakah ada distributor untuk wilayah tasik & brpa harga doc perekornya kalau ada saya mau coba dulu 100 ekor. tank. atas infonya.

  10. haerul says:

    Pak, saat ini saya punya kandang yg lagi kosong, dan rencananya saya mau isi dengan ayam kampung super. Kami tinggal di sekitar Makassar, apakah ada distributor untuk wilayah Makassar, Sulawesi Selatan, mungkin ada contact persin yang bisa kami hubungi, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

    admin Reply:

    Silahkan kalau ada yang jual di Makasar kontak Pak Haerul

  11. eka andi wijaya says:

    sya berminat se kali dengan bisnia ayam kampung super tp sya sudah tanyak di daerah saya penjual ayam kaampung super tdak ada,trus yg ada ayam kampung super tu daerah mna ya pak?

    admin Reply:

    Coba ke Jogja, Ada yang jual DOC ayam kamoung super

Leave a Reply

You might also likeclose