Cara Agar Ternak Ayam Kampung Menguntungkan

Cara Agar Ternak Ayam Kampung Lebih Menguntungkan

ternak-ayam-kampung-intensif

CARA TERNAK AYAM KAMPUNGAyam kampung sesungguhnya memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Namun hal itu belum bisa menjadi sumber ekonomi yang diandalkan untuk saat itu. Problem tersebut lebih disebabkan karena manajemen bisnis ternak ayam kampung yang belum efektif dan efisien. Menurut Prof Edjeng Suprijatna, Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, ketidak efektifan ternak ayam kampung selama ini adalah pada sistem pemeliharaan yang dibuat secara umbaran. Pada model pemeliharaan ayam semacam ini, menurutnya penyakit sulit dikontrol dan efisiensi pakan juga sangat rendah, sehingga tidak menguntungkan.

Menurut Prof Edjeng Suprijatna, cara agar ternak ayam kampung lebih menguntungkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bahkan berpotensi ekspor adalah dengan ternak ayam kampung yang dikandangkan. Ini penting untuk memudahkan pengontrolan terhadap penyakit dan kesehatannya lebih terjaga. Seperti diketahui selama ini penyakit “tahunan” kerap menyerang ternak ayam kampung umbaran secara sporadis.

Keuntungan dari sistem ternak ayam kampung yang dikandangkan adalah tingkat kematian ayam kampung yang bisa ditekan secara significant. Selain masalah kesehatan, beberapa sifat buruk ayam kampung juga bisa dikurangi dengan model seperti ini. Misalnya saja sifat mengeram, dengan rekayasa genetik sifat mengeram ini bisa dikurangi.

Sifat lain adalah sifat kanibal atau sifat agresif menyerang ayam lain. Sifat agresif bisa dikurangi dengan cara seleksi dan menggunaan kandang litter. Selain itu sifat agresif bisa dikurangi dengan penggunaan ransum dengan serat kasar tinggi, mengurangi kepadatan populasi dalam kandang dan membuat kandang tidak terlalu terang. Menurutnya agar kandang tidak terlalu terang pada siang hari kandang bisa diberi tirai.

Solusi Agar Ternak Ayam Kampung Menguntungkan

Usaha ternak ayam kampung selama ini masih menggunakan teknologi budidaya yang tradisional dan belum sesuai yang diharapkan dan memiliki produktivitas rendah. Karena itu Prof Ejeng menyarankan agar pengembangan peternakan ayam lokal harus merupakan usaha agribisnis. Perubahan-perubahan yang perlu dilakukan adalah peternak harus memilih usaha antara telur dan daging secara terpisah.

Pemeliharaan ayam lokal sebagai penghasil daging / telur secara intensif melalui perbaikan manajemen pemeliharaan (ransum, vaksinasi, perkandangan), peningkatan skala usaha dan permodalan dapat menghasilkan tambahan pendapatan bagi peternak yang lebih besar.
Spesialisasi ini terutama dapat dilakukan di daerah sekitar kota besar, seperti saat ini sudah mulai berkembang. Tetapi untuk daerah pelosok pedesaan sistem pemeliharaan masih merupakan gabungan untuk menghasilkan telur tetas atau telur konsumsi dan ayam potongan.

Jika pola manajemen ternak ayam kampung telah dilakukan dengan baik maka tidak mustahil usaha ternak ayam kampung akan menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat. Tidak hanya itu produk ayam kampung menjadi komoditas yang bisa diekspor. Namun semuanya perlu perbaikan usaha ternak dari mulai pembibitan, pemeliharaan hingga pasca produksinya. Semoga sukses peternak Indonesia. (#livestockreview)

111 Responses to Cara Agar Ternak Ayam Kampung Lebih Menguntungkan

  1. nikmat hamid says:

    saya tertarik untuk ternak ayam kampung dikebun sendiri dan harap berikan advice cara penjualan setelah ayam cukup umur.
    Jual dipasar bebas atau ada kumpulan warung usaha yang mau beli?

    slm/nh

    admin Reply:

    Menurut saja jika jumlah produksi sudah cukup banyak misal di atas 100 ekor, sebaiknya sudah dipersiapkan siapa yang akan menampung.Jual langsung ke warung jelas akan lebih besar keuntungannya. Jika produksi masih sedikit, bisa dijual ke pedagang2 ayam di sekitar kita/pasar hewan. Selamat mencoba.

  2. ishak says:

    smoga menambah ilmu sy…
    sy bru belajar memelihara,,..

    mhon bimbingan dan arahannya

  3. Sarpin Hadisucipto says:

    saya baru mau memulai ternak pembesaran ayam kampung pedaging secara intensif dikampung saya wilayah Kelurahan Karanggayam, Kebumen Jateng. saya sudah membangun kandang panggung ukuran 8 x 12 m untuk kapasitas 1000 ekor, tapi untuk permulaan saya akan memulai dengan 100 – 300 ekor dulu, pertanyaan saya, jenis ayam kampung apa yang harus saya pelihara ( ayam kampung murni atau ayam kampung super) mohon pengarahan dan bimbingannya

    terima kasih
    sarpin hadi s.

    admin Reply:

    Menurut kami, apapun itu jenis ayamnya tidak masalah pak yang penting dari jenis yang bongsor badannya dan pertumbuhannya cepat. Munculnya ayam kampung super sebenarnya sebuah upaya untuk membuat pertumbuhan ayam kampung yang lebih cepat sehingga lebih bernilai ekonomis. Ada beberapa jenis ayam kampung yang cepat besar dan berpotensi besar seperti ayam pelung. Yang penting jangan ayam wareng atau ayam arab karena badannya kecil, tapi menurut kami Ayam Kampung super lebih menjanjikan.

  4. Billy putra setiawan says:

    Saya mau tanya, umur berapa bulan ayam kampung siap panen?

    admin Reply:

    Untuk konsumsi daging, Ayam Kampung Super bisa panen dalam waktu 2.5 – 3 bulan dengan cara pemeliharaan mirip broiler. Bobot yang dihasilkan 0.8 – 1 kg.

  5. muhammad sholihin says:

    untuk pembibitan gimana caranya pak…?? supaya bisa /tdk tersendat dlm hal pembibitanya…????

    admin Reply:

    Salah satu kendala ternak ayam kampung adalah ketersediaan bibit dalam jumlah banyak, kontinyu dan berkualitas. Solusinya harus ada yang menekuni bisnis penyediaan bibit ayam kampung. Saya lihat di web ada beberapa orang yang sudah siap menerima pesanan DOC ayam kampung.

  6. fery says:

    saya mau tanyak nie pak, masalah ternak ayam kampung

  7. eno apart2 says:

    panen brapa bulan?

    admin Reply:

    Intensif bisa 2,5 bulan panen ayam kampung pedaging

  8. tom says:

    dimana yaw nyari bibit ayam kmpung super untuk ternak,&kira2 brp harganya bibit /ekornya.pliss jwab…

    admin Reply:

    Silahkan kontak ke ayamkampungku.com

  9. Tri widodo says:

    sya mau nanya gan, gimana ya cara mengantisipasi agar kotoran ayam kampung yang kita ternak baunya tidak menyengat, dan resep ransuman makanya seperti apa untuk memenuhi kebutuhan gisi si ayam. makaih

    admin Reply:

    Agar kotoran ayam tidak bau menyengat ada beberapa hal yang bisa dilakukan:
    - Jaga kandang/kotoran ayam selalu kering
    - Bersihkan kotoran sesering mungkin.
    - Semprot dengan obat penghilang bau.
    - Penambahan probiotik dan beberapa bahan makanan tertentu dipercaya bisa mengurangi bau kotoran ayam
    Resep ransum bergizi ada banyak variasi, yang penting sesuai dengan kebutuhan ayam. Kalau mau praktis dengan pakan buatan pabrik, tidak usah menghitung kandungan gizi masing2 bahan.

  10. adiesantoso says:

    Maaf Pak Admin, ijin copas ya, buat nambah koleksi nih,, hehe.. trmkasih . :D

  11. Mukti says:

    Pakan yng digunakan bsa d buat sndiri gak, kalo bsa bahan pembuatannya pa saja, dan obat anti biotik/ vitaminnya paan ya, mhon pnjelasannya yng lbh detil

  12. Slamet.Admint says:

    Dear
    Apakah ayam bangkok selain untuk petarung untuk dipasarkan sbagai ayam konsumsi juga diminati oleh masyarakat

    admin Reply:

    Bisa juga pak,asal bukan yang sudah tua eks petarung

  13. triantoro says:

    asalamualaikum pak saya pingin usaha ayam kampung , tpi saya masih troma drngan penyakit ayam yang mati mendadak selama semalam trimakasih
    triantoro

    admin Reply:

    Bisa dimengerti Pak jika peristiwa tsb pernah menimpa ayam Bapak. Yang penting dianalisa penyebab kematian ayam tersebut, kemudian antisipasi dan pencegahan untuk pemeliharaan mendatang. Banyak penyakit yang bisa membuat ayam mati mendadak dalam waktu singkat misalnya Flu Burung, Tetap semangat pak, belajar dari pengalaman, semoga ke depan lebih maju dan sukses.

    Salam

  14. paldi says:

    Gimaana cara agar anak ayam selalu sehat,,,

    admin Reply:

    Agar Anak Ayam Selalu sehat ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan:
    1. Kondisi kandang yang bersih, sirkulasi udara yang lancar dan sinar matahari bisa masuk utamanya waktu pagi.
    2. Jaga Kandang selalu kering dan jangan sampai lembab.
    3. Jaga kandang selalu hangat, jangan sampai ayam kedinginan (kalau malam tambahkan lampu dan hindari udara dingin dengan memberi penutup).
    4. Beri makanan yang bergizi dan berptotein tinggi serta minum tidak terbatas.
    5. Vaksinasi jika diperlukan

    Selamat mencoba.

  15. ujang mahendra says:

    pa mo nanya, kira-kira berapa modal awal yang di butuhkan untuk seratus ekor ayam. Mohon jawaban nya

  16. syafrudin says:

    pak saya motanya kalo kandang ayam di atas empang bagus ga pak untuk kesehatan ayam

    admin Reply:

    Asal tidak terlalu dekat dan membuat kandang lembab tidak masalah pak.

  17. Iyan Yank Dhulu says:

    mau tanya nich… kandang yg bgi mn yg cocok untuk ayam kampung..

    admin Reply:

    Relatif Om, Bisa diumbar dengan segala kepraktisan dan resikonya, kandang terbatas bahkan kandang batere namun memerlukan asupan gizi nyang sesuai dengan kebutuhan.

  18. abdul says:

    Trimakasih . . .

  19. benny irfandi says:

    Terima kasih

  20. Rifki says:

    di mna persediaan bibit ayam kampung super di daerah periangan timur (ciamis,garut,tasik,banjar)

  21. Imanuel Amoni Waruwu says:

    senang sekali dengan info ini kiranya menambah kesuksesan setiap petrlernak ayam.
    mohon info lebih lanjut.

  22. rudi irianto says:

    gan mau nanya, untuk daerah jambi dimana saya bisa mendapatkan DOC ayam kampung super trims..

  23. yanes erastus says:

    syallom pak, pak saya baru belajar ternak ayam dan sangat minim pengalaman krn blum pernah saya ternak ayam sebelumnya dan ini baru berjalan beternak ayam bangkok. ttp stlh baca artikel ini saya tertarik dan pengin mencoba ternak ayam kampung super, kira2 bagi pemula idealnya kita memelihara berapa ekor pak? sbg catatan saya punyalahan kosong belakang rumah sktr 7 x 15 m , dan bisa diberi petunjuk membuat ukuran kandangnya, terimakasih atas pencerahannya.

    admin Reply:

    Untuk jumlah menurut kami relatif Pak,untuk tahap awal sebaiknya ndak usah banyak2 dulu misal 100 Ekor.jika Sudah Punya Pengalaman Soal Pemeliharaan dan pemasaran bisa ditambah secara bertahap.selamat mencoba,semoga sukses.

  24. oding abdul kodir says:

    pak bagaimana cara cepat menetaskan telur ayam dari induknya?apakah pakai alat bantu untuk mempercepat penetasan??

    admin Reply:

    Yang kami ketahui tidak ada alat yang bisa mempercepat penetasan telur ayam,karena telur ayam menetas saat dierami (baik memakai mesin tetas atau induknya) selama 21 hari atau 28 hari pada ayam kalkun.

  25. alfandi says:

    assalamualaikum pak mau tanya, kalau pemberian makan ayam kampung dengan sisa sisa makanan seperti nasi yang sudah basi apakah berbahaya untuk kesehatan ayam,soalnya saya lihat orang orang di daerah saya sering melakukan hal tersebut. tereima kasih

    admin Reply:

    Waalaikumsalam Wr.wb
    Sepanjang tidak mengandung zat-zat berbaya tidak akan mengakibatkan kematian pada ayam. Hanya saja lebih baik dicuci terlebih dahulu atau direbus beberapa saat, agar bebas dari jamur dan penyakit lainnya. Makanan berjamur meski tidak mematikan bisa menurunkan produktivitas ayam.
    wassalam.

  26. bintang says:

    Selamat Siang. Pak, saya mau beli bibit ayam Pelung. Bagaimana caranya ya ? Bapak bisa bantu ? Saya tinggal di Medan, Sumatera Utara. No. Hp. 0823 6578 3299. Terima kasih.

  27. yadi says:

    pak mau tanya!kalau di jwa timur klu mau jual dlm skla banyak dimna.

  28. yulianto says:

    asalamualaikum pak
    saya galau pak antara ayam kampung super atau ayam boiler,lebih menguntungkan mana?
    saya lihat keunggulan ayam kampung super lbh bagus soal harga jual,tp bth wkt lbh lama utk memanenya,otomatis biaya pakan dan sbgny jg brtambah..mohon analasinya pak..
    mgkn acuannya jd analisa slama 1 thn..
    makasih pak.salam sejahtera

  29. Pantoboangmanalu@ymail.com says:

    Pak mau tanya,,apa brapa ukran kandang anak ayam yg baru netas terus lampunya brapa watt harus di pasang

    admin Reply:

    Kandang ukuran 1×1 m, bisa muat 40 ekor DOC pak, dikurangi kepadatannya seiring dengan bertambahnya ukuran dan bobot Ayam. Kalau lampu awal pemeliharaan sesuaikan dengan suhu tubuh indukan saat mengeram atau (+/- 35 derajat celcius), setelah itu bisa dikurangi, Secara Perlahan dengan melihat perilaku ayam. Kalau ayam bergerombol dekat lampu berarti kurang panas, kalau terlalu menyebar berarti terlalu panas. Sesuaikan dengan kondisi. Selamat Mencoba.

  30. hary says:

    Sukses , mohon maaf bagi rekan 2 yang mau menekuni ayam kampung mohon berhati – hati dalam menentukan / memilih supleyer / breding penyedia DOC jangan sampai bermasalah di kemudian hari ,sebab apapun yang terjadi saat pemeliharaan adalah mutlak resiko peternak ,sekali lagi mohon hati-hati , supaya tidak kecewa , memang sangat menguntungkan bila kita tidak ketipu , mohon maaf , hati -hati , dan pasti sukses

  31. Suliyanti says:

    sy seorang ibu rumah tangga. sambil nungguin rmh pekerjaan selingan sy adalah mengurus ayam peliharaan. tadinya sih cm wat iseng aja. tp kok lama2 seneng jg y punya hewan peliharaan. terkadang sempat muncul fikiran alangkah bahagianya kalau ayam sy mencapai ratusan ekor. terlebih stelah sy membaca artikel yg bpk tulis. kok tiba2 muncul fikiran untuk menjadikan pekerjaan sy ini lebih dari sekedar hobi. tp sy. bingung mau mulai dari mana?

    admin Reply:

    Sebenarnya ibu sudah memiliki modal besar untuk beternak ayam,yaitu hobi. Tinggal ibu mulai seleksi bibit yg bagus untuk dikembangkan.penting lagi untuk belajar manajemen ternak agar lebih menguntungkan.semoga sukses.

  32. teguh widodo says:

    Ass..pak.. saya sudah ternak ayam bangkok(skala kcil),saya berniat memelihara ayam kampung..apakahini tdak berpengaruh terhadap keduannya..trims

    admin Reply:

    Prinsipnya sama saja pak,hanya saja jika orientasi anda adalah ayam petarung jangan sampai kawin silang dg ayam kampung,karena keturunannya tentu tidak bisa seperti ayam petarung ideal

  33. yhudi babel says:

    ass,pak didaerah sy ad ayam kampung super(ayam merawang) sy brencana utk memasarkan DOC keluar daerah,bagaimana caranya mohon petunjuk,trims

  34. rudma hamzah says:

    gan tanya ni..
    untuk bibit ayam supaya lbih cpat besar, gemuk dan sehat di kasih pakan yg spt apa ya?
    nuwun

    admin Reply:

    Kasih BR1 atau Vooer Babi

  35. suryono says:

    salam sejah tera dari lampung…saya mau tanya pak… obat kutil pada paruh ayam
    kecil ? tolong pencerahannya pak…terimakasih

    admin Reply:

    Coba Kasih Betadine

  36. aku tertarik dengan bisnis ini, tapi memulainya masih bingung…bagaimana anda dulu memulainya…

  37. kang agus says:

    Djuragan, saya lg memulai usaha ternak ayam kampung, untuk saat ini masih dengan sistim umbaran, karna kalau sistim kandang biaya pakan besar, yang mau saya tanyakan ama Djuragan gimana agar biaya pakan ayam kampung dpt ditekan sekecil mungkin,

    admin Reply:

    Untuk menekan pengeluaran biaya harus jeli dan kreatif memanfaatkan bahan makanan yang ada di sekitar kita namun berharga murah. Misalnya saja kepala ikan asin sebagai sumber protein.

  38. budiman says:

    maap buat temen 2 jabotabek jika ingin memesan doc ayam kampung super ato KuB ( kampung unggul balitnak?) bisa datang ke tangerang, sedia doc ayam kampung, doc ayam broiler dan dod bebek. dengan adamya pendampingan dan konsultasi dan dibantu pemasaran hasil panen. jika teman berminat bisa call 081315464429 , melayani penjualan doc seluruh indonesia via expedisi kereta api dan cargo pesawat ( luar pulau) hp 081519247608 trimk salam sukses

  39. budiman says:

    hub. 081314464429 ada dod bebek peking f1 produksi pt.charoen pokphan dan malindo trimk

  40. midy says:

    5u nanya pakklo seandainya tempat ternaknya tu jauh dri rumah n bnyak pohon2 di sekelilingnya tu gmna pak terlalu beresiko gk

    admin Reply:

    Kalau jauh dari rumah yg penting diantisipasi adalah keamanan,misalnya pencurian,binatang buas seperti musang dll

  41. risqi kartika sari says:

    mau tanya dong gan , kalo buat pemula kira2 buat pakan ayam nya apa yah ?nanti salurin nya kira2 kemana yah ? minta saran nya dong gan ?

    admin Reply:

    Ayam starter beri BR1, selanjutnya sesuai umur mulai ditambah Jagung, Bekatul. Pemasaran bisa ke pedagang atau ke Rumah makan/restoran langsung

  42. Deni says:

    Tanya yang jual DOC ayam Kampung super di daerah Purwakarta atau subang dimana yah

  43. zidan revano firmansyah says:

    Assalamu’alaikum.
    Punten ada bbrpa hal Ɣªήğ ‎​♏άυ̲̣̥υ̲̣̥, sya tanyakan.
    1 bila pakan yg di berikan
    ‎​;)°•°§ą♍å dg jenis pakan untuk ayam broiler itu berppengaruh
    Apa tidak pa.
    2 sistem vaksin yg di gunakan jg ‎​;)°•°§ą♍å apa tidak
    Dg ayam broiler. Usia 4 hari dg ND dan 13 hari pake IBD.?
    3 jenis penyakit ayam kampung ‎​;)°•°§ą♍å tidak dg ayam broiler,
    Sperti ngorok/CRD nykres dll, atau ada penyakit lain.????

    Terima kasih sblm mya sya mohon bimbingan nya krna sya
    Baru ‎​♏άυ̲̣̥υ̲̣̥, beralih ke ternak ayam kampung.

    admin Reply:

    Pada prinsipnya makanan dan obat-obatan tidak jauh berbeda

  44. zidan revano firmansyah says:

    Punten pa, kandang Ɣªήğ sya gunakan kandang panggung.
    Nah ayamm keluar dr kndang box usia 21hari. Pertanyaan sya
    Usia 21 hari bw rta” kira” berapa ons dan apa bisa lgsg
    Di lepas tanpa skam atau alas pa.? Atau harus pake skam di buat sperti
    Jadi sperti kdg postal.?

    Trmksh,,,,,,

  45. Sy bru mau mulai. Bgimn pembuatan kandang yg baik dan sehat, kemudian makan alternatif yg murah

  46. elemes says:

    Sya lg memulai ternak ayam kampung…
    Kandangnya di lembang jawa barat.. Tlong dmn saya bisa dapat DOC ayam kampung super??

  47. admin yth. Saya punya lahan sekitar 1.5 h. di daerah dingin kira-kira 10 km dari danau toba Sumatera utara. saya berencana beternak ayam, dan di kampung kami banyak penduduk yang beternak ayam secara tradisional, masalahnya, ayam-ayam penduduk sering terserang penyakit, jenis penyakit tersebut tidak persis saya ketahui, masyarakat sering menyebut peokon, ciri-cirinya:
    1. ayam pertama kelihatan gantuk,
    2. jengger menghitam,
    3. Setelah dua hari ayampun mati,
    4. biasanya akan menular, dan hanya beberapa ekor saja yang tersisa.

    mohon petunjuk mengatasi masalah tersebut

    admin Reply:

    Secara sekilas itu adalah Penyakit umum yang sering terjadi pada ternak ayam (ND/Tetelo). Biasanya akan mudah menyebar dan menular pada ternak ayam tradisional karen ayam diumbar bebas sehingga antara ayam sehat dan sakit saling kontak. Jika anda memiliki lahan seperti itu untuk ternak ayam sebaiknya dibuat pagar pembatas, sehingga ayam2 anda tidak kontak dengan ayam luar. Jika ada ayam anda yang sakit segera dipisahkan dan diobati dengan segera. Selamat beternak.

  48. luthfi says:

    salam sejahtera bagi admin disana. saya mau tanya?
    saya memelihara ayam dengan sistem di umbar. namun setiap mau pergantian musim mesti ada yang sakit. yang saya ingin tanyakan, bagaimana cara mengobati ayam yang sakit tersebut dan bagaimana agar setiap pergantian musim tidak sakit lagi. mohon penjelasannya, terima kasih.

    admin Reply:

    Vaksinasi sebagai pencegahan,karantina ayam yang sakit dan terapkan biosecurity

  49. ahmad rozi says:

    assalamualaikum, wr wb
    saya mau menanyakan secara sekaligus yah pak , klo ada waktu tolong di jawab
    trimakasih sebelumnya, untuk jawabanya

    1, berapa harga pakan BR1 /1kg nya
    2. berapa harga per ekor bibit DOC unggulan?
    3. kalau masa panen 2-3 bulan untuk 100 ekor, kalau secara perkira’an membutuhkan berapa KG pakan BR1 sampai masa panen?
    4. kalau dengan membuat pakan alternatif (dedak+jagung+tepungIkan)yg sudah digiling dan dicetak seperti pur ayam, apa sudah memenuhi kriteria pakan ?
    5. minta perkiraan penddapatan nya dari 100 ekor ayam yg di panen , trimakasih banyak atas partisipasinya

    wassalamualaikum wr wb

    admin Reply:

    1. BR1 harga di kisaran 7-7,5 ribu/kg
    2. Ayam Kampung super ditawarkan @4 ribu-an
    3. Bisa dilihat di sini http://ternakayampelung.com/bisnis-ternak/analisa-ternak-ayam-kampung-super
    4. Perlu diteliti kandungan gizinya, tapi memungkinkan.
    5. sama dengan no 3

    Selamat Mencoba.

  50. hendri says:

    sy pemula berternak ayam kampung…mau tanya berapa bulan ayam kampung laku.jual….

    admin Reply:

    Di pasar-pasar tradisional umur berapapun Ayam Kampung laku dijual. Hanya saja untuk layak konsumsi biasanya saat bobot mencapai 8 ons, dengan pemeliharaan intensif dan bibit yang baik bobot segitu bisa dicapai pada usia 2.5-3 bulan.

  51. saeun says:

    bgm cara mendapatkan bibit ayam kampung tsb…?

  52. hendri says:

    ya makasih…..n ttp smngt untuk beternak….
    ayam kampung….

  53. Yiznu says:

    Aku mau konsultasi pak … Anda tinggalnya dimana?

  54. al rizqieknn says:

    asalamualaikum.wr.wb saya mau nanya agar usaha saya berjala jumlah pembrian sprti kosentrat.jagung.dedak berapa persen, dan kandang ukuran berapa, dan harus saya isi berapa ekor. Trkashrr

  55. jhondedi says:

    mo nanya ne gan pembelian bibit ayam kampung super daerah medan dimana ya gan terus ciri2 nya gmna ya ? thanks

  56. muchlis says:

    maaf mau nanya, sekiranya kandang d buat umbaran tp d pagar cocok g? krn d belakang rumah ada sdikit lhan kosong, n niatnya mau d pagar pakai bambu.

    admin Reply:

    Bagus itu Pak, Ayam bisa bebas tetapi masih terisolasi dengan dunia luar sehingga tidak mudah kena penyakit

  57. andi says:

    mohon bantuannya, bagaimana cara mengatasi kutil pada paruh dan sekitar mata anak ayam kampung???

    admin Reply:

    CobaKasih betadine pak

  58. Qomariah says:

    Pak saya mau minta solusi… sya ternak ayam kampung… tapi tidak saya beri kandang niatnya biar bebas dan mengurangi pakan juga,,, soalnya blakang rumah ada lahan yang cukup luas tapi persawahan… masalahnya ayam” sya ini mudah mati terutama di musim penghujan seperti sekarang ini,,, padahal saya sudah memberi fitamin di minumnya… kira-kira solusinya gimana ya…

    admin Reply:

    Penerapan program vaksinasi dan biosecurity.ada artikelnya di sini

  59. paluii123 says:

    selamat siang gan..
    ane seorang peternak muda pengen berbagi ilmu..

    klo agan” semua pengen bibit ayam super bisa di akalin..

    agan ckup membeli ayam bangkok pejantan yg bsar dan cari betina kampung yg besar..

    untuk menghindari tingkatt kematian anak ayam pilih lah betina yg sdh prnah bertelur sebelum nya dan pejantan yg sdh umur di atas 1thn..

    pakan juga perlu di perhatikan..
    klo anak ayam baru menetas bisa di beri pakan dgn bentuk butiran tepung..
    klo gak ada yg jual ckup BR1 di tumbuk trus di saring pake saringan modifikasi dari jaring nyamuk..

    setelah anak ayam berumur sekitar 1 1/2 smpai 2bln ckup di beri pakan nasi dgn sedikit campuran BR1 dan sedikit dedak..

    setiap 1minggu sekali kurangi porsi BR dan sebaliknya tambah porsi dedak smpaii porsi BR smpai hilang..
    hal itu di lakukan spya anak ayam tdk stress akibat perubahan pakan yg mendadak..

    ingin tau info lebih lanjut silahkan hub no ini 08575404567..

    trimakasih smoga membantu

    k

  60. paluii123 says:

    085754045674

    maaf nope yg di atas ketinggalan 1digit..

    buatt mimin ini hnya bersifat membantu bkn apa apa..

  61. thor says:

    Saye mnternak n menjual ayam kampung area banting/dengkil. Call 0133478363

  62. sep black says:

    sya mau tnya gmna cra trnak aym yg baik dan benr..
    trimksh

  63. tatang says:

    assalamu’alaikum, punten pak, saya minta info : kalau beli DOC ayam kampung super/DOD bebek pejantan untuk wilayah TASIK bisa beli dimana ya? saya mau coba beternak100 ekor dulu. hatur nuhun.

  64. ntiz says:

    Mf pa mau nanya di kampung saya banyak skali ayam yg makan rumput misal: daun jagung muda dll.itu bisa berdampak fositif gx si pada kesehatanya.atau mungkin bisa jg pembuatan pakan dari dedaunan ? Mhon di jawab pa.

    admin Reply:

    Daun-daunan baik untuk ayam,bisa saja makanan ayam dari daun-daunan, asal sesuai dengan kebutuhan gizinya

    admin Reply:

    Tidak masalah ayam makan rumput. Asal memenuhi syarat kebutuhan Gizi tidak masalah rumput dan dedaunan untuk bahan pakan ayam.

  65. ntis says:

    Ane mau nanya pa bisa gx si pakan ayam di buat dari dedaunan..mhon penjelasanya pa..trimksh

  66. alfan says:

    pak sy mau nanya, kalau ternak aym kampung menggunakan bbit aym pelung dan pemberian pakan seperti ayam broiler kira kira bs menguntungkan ap nggk ya pak , mohon di balas, terimakasih

    admin Reply:

    Bisa, ini mirip dengan model Pemeliharaan ayam kampung pedaging

  67. ak67 says:

    Jual ayam satuan atau banyak.. untuk satuan, harga 45.000. Jual ayam 100 ekor untuk usaha / jual kembali / pelihara perekor 40.000 , NEGO . Ayam kampung organik BEDA tidak bau amis, baik untuk kesehatan. Minat? Hub : 41785528 / 085811996993

  68. Sandi says:

    Pak saya mau tanya. Seperti yang ada disini -> http://ternakayampelung.com/bisnis-ternak/analisa-ternak-ayam-kampung-super
    Apakah biaya pakan bisa ditekan sekecil mungkin, kalo iya minta rekomendasinya pakan apa yang cocok untuk ayam kamper?
    Mohon bantuannya, terima kasih! :)

    admin Reply:

    Prinsipnya makanan-makanan yang ada di sekitar kita. Misalnya untuk sumber protein bisa diambilkan dari kepala ikan asin dll

  69. SANDI says:

    SAYA PUNYA AYAM KAMPUNG TAPI SYA GAG TOW MAU MEMJUAL DIMANA….

    DI SIDOARJO

    admin Reply:

    Coba saja ke Pasar hewan dan unggas terdekat, biasanya banyak pedagang di sana

  70. romanto says:

    Klow musim pnghujan kyak gni
    Pasti ayam kna srngan pnyakit
    Aq minta Saran
    Aq hrus gmana terhadap ayam” ku

    admin Reply:

    Mungkin ini bisa membantu http://ternakayampelung.com/obat-dan-penyakit/antisipasi-penyakit-ayam-di-musim-hujan

  71. Patnursam says:

    Selama 8 bulan ternak ayam kampung lokal dg saya kandangkan,hasilnya saya kalah terus. Karena bea beli pakan tak sbanding dg hasil jual(3,5-4bulan).

  72. yoyok dwi says:

    saya mau tanya,,pakan ayam kampung yg baik buat pertumbuhan itu apa saja.??

  73. dede ruhymat says:

    pak sya mau tnya ..klau modal awal brpa kra²
    ? sya pmula.. mhn jwb trimaksih

Leave a Reply

You might also likeclose