Karkas Ayam Kampung Belum Ada Standard

KARKAS AYAM KAMPUNG — Meningkatnya animo masyarakat akan daging ayam kampung nampaknya belum diimbangi dengan standarisasi ayam itu sendiri. Sebagai contoh pihak retail yang menjual karkas ayam kampung, menerima dari pemasok tanpa ada cek apakah benar itu karkas ayam kampung asli atau bukan. Karena memang tidak mudah untuk membedakannya, kenyataannya juga ada beberapa karkas “ayam kampung” yang sebenarnya berasal dari non ayam kampung. Hal ini tentu merugikan konsumen yang sebenarnya ingin membeli daging ayam kampung, tetapi yang diperoleh berbeda.

Ade Zulkarnain, Ketua Umum Himpuli (Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia), menuturkan bahwa sejak 2009 di sejumlah supermarket sekitar Jabodetabek , banyak dijumpai karkas yang diklaim sebagai ayam kampung tetapi sebenarnya yang dijual itu adalah ayam pejantan, ayam arab,atau ayam kampung persilangan. Ini bisa terjadi karena memang belum ada standarisasi ayam kampung asli itu sendiri.

Mengenai ciri-ciri ayam kampung asli memang sudah pernah dibicarakan antara Himpuli dengan Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan sejak 4 tahun lalu. Tujuan pembicaraan tersebut adalah untuk alam rangka membuat standarisasi karkas ayam kampung. Namun demikian sampai saat ini memang belum ada langkah konkrit untuk implementasinya.

Klasifikasi ayam kampung yang disepakati secara nasional memang juga belum ada kesatuan pandangan. Selama ini pengklasifikasian karkas ayam kampung di retail modern berdasarkan kualitas,berat,serta cara pemeliharaan ayam kampung tersebut yaitu kampung biasa atau organik. Untuk standar kualitas pihak retail berdasarkan kualitas fisik dan hasil laboratorium.

Untuk membuat standarisasi karkas ayam kampung memang harus mencakup banyak variabel. Misalnya saja jaminan dari segi kemurnian, cara ternak, pakan,spesifikasi ayam kampung, serta variabel lainnya. Hal ini tentu akan menjamin konsumen mendapatkan barang sesuai dengan yang diinginkan.

 

 

Sumber:

http://www.trobos.com/show_article.php?rid=29&aid=3714

Leave a Reply

You might also likeclose