Membuat Pertumbuhan Ayam Kampung Seimbang

PERTUMBUHAN AYAM KAMPUNG SEIMBANG — Pada ternak ayam kampung secara intensif sering dijumpai pertumbuhan ayam yang tidak seragam. Hal ini berdampak pada masa panen yang tidak berbarengan. Selain itu ayam yang memiliki pertumbuhan lebih lambat memerlukan perlakuan yang berbeda agar dapat optimal pertumbuhannya. Pertumbuhan ayam yang tidak seragam ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, antara lain pakan dan jenis kelamin si ayam kampung.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat pertumbuhan ayam kampung lebih seimbang dan panen pada saat yang bersamaan. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

1. Memelihara Ayam Kampung Pada kandang Koloni Yang lebih kecil.

Kandang koloni ini dibuat maksimal mampu menampung 50 ekor ayam kampung dengan jumlah popupasi ayam kampung 7-9 ekor ayam /m2. Memelihara ayam pada kandang koloni dengan jumlah kecil ini memungkinkan ayam untuk mendapatkan makanan secara seimbang. Ayam yang lemah dan ukurannya lebih kecil tetap mendapatkan jatah makan sesuai kebutuhan, sehingga pertumbuhannya terjaga.

2. Pemisahan Ayam Berdasar Jenis Kelamin

Ayam kampung jantan biasanya memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan betina. Karena itu jika ayam kampung jantan dan betina dicampur jadi satu, ayam betina akan kalah dalam bersaing berebut makanan karena ukurannya lebih kecil. Pemisahan ayam jantan dan betina penting dilakukan agar setiap ayam mendapat makanan yang adil. Pada usia satu bulan anak ayam sudah mulai terlihat perbedaan fisik antara jantan dan betina, juga pada ukuran badannya. Pemisahan bisa dimulai dari usia 1 bulan ini.

3. Perlakuan Khusus Pada Ayam Betina

Karena Ayam betina lebih lambat pertumbuhannya, agar saat panen ukurannya seimbang maka pemberian pakan starter (BR1 atau 511) dengan kandungan protein 21% sampai 23 %, diperpanjang sampai usia 45 hari. Normalnya pakan starter diberikan sampai usia 28-30 hari.
Pada ayam kampung betina yang lebih kecil, pakan starter full diberikan selama 60 hari atau bisa sampai panen (90 hari).

Dalam memelihara ayam kampung pedaging pemberian pakan biasanya umur < 28 hari adalah pakan starter (Br1 atau 511) dengan protein 21-23%. Pada Umur 29 -60 hari adalah Finsisher 1 dengan protein 19-21% Biasanya BR1 dicampur jagung giling 15%. Umur 61-90 hari pakan yang diberikan adalah Finisher 2 dengan protein 18-19 %, biasanya Br1 dan jagung giling 25%.

Untuk nilai ekonomis dari pemberian pakan tersebut silahkan dihitung sendiri, mengingat harga Br1 murni dengan campuran jagung giling jelas berbeda. Namun dengan perlakuan tersebut hasil panen dapat diupayakan lebih merata dan bobot badan seimbang.

 

Sumber:
http://kudahitamperkasa.co.id/post/agar-pertumbuhan-ayam-kampung-asli-cepat-berat-badan-seragam.html

One Response to Membuat Pertumbuhan Ayam Kampung Seimbang

  1. Kholid says:

    Bisa bli bibitnya d mna

Leave a Reply

You might also likeclose