Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung

Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Menggiurkan

ternak-ayam-kampung

TERNAK AYAM KAMPUNGBisnis ternak ayam kampung nampaknya menjadi usaha primadona yang kian menggiurkan. Data pasar menunjukkan permintaan daging ayam kampung cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. ada beberapa faktor  yang menyebabkan peningkatan permintaan daging ayam kampung di pasaran, salah satunya adalah kesadaran sebagian masyarakat untuk mengkonsumsi daging ayam organik atau daging ayam yang tidak melalui proses rekayasa genetika. Syarat itulah yang dipenuhi dari ayam kampung. Sebagai contoh  untuk wilayah Jabodetabek , permintaan daging ayam kampung baru  bisa terpenuhi sekitar 5% dari kebutuhan atau sekitar 280.000 ekor per hari. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Ade Zulkarnaen, Ketua Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia. Dengan data tersebut bisnis ternak ayam kampung menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.

Dukungan pemerintah dalam hal ini kementrian Pertanian terhadap pengembangan bisnis ayam kampung untuk usaha Mikro, Kecil dan koperasi cukup positif. Saat ini sedang dibuat blue print sistem pengembangan ayam kampung. Dalam blue print ini akan memberikan perlindungan bagi peternak ayam kampung dalam skala usaha mikro, kecil dan koperasi dalam menjalankan usahanya. Investor besar tidak boleh memasuki bisnis ayam kampung ini. Kapasitas pemeliharaan maksimal 10.000 ekor untuk satu peternak. Dengan pembatasan ini diharapkan usaha ternak rakyat akan berkembang dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ternak Ayam Kampung Saat Ini

Kondisi usaha ternak ayam kampung saat ini masih diusahakan dengan cara tradisional dan belum melalui cara intensif. Baru sekitar 3400 peternak ayam kampung yang mengusahakannya secara intensif, diluar itu masih dengan cara tradisional. Setelah blue print ini selesai pada bulan oktober diharapkan peternak tradisional akan beralih pada usaha ternak ayam kampung secara intensif.



Video Ternak Ayam Kampung
Pada 10 tahun mendatang diharapkan pasokan ayam kampung akan mencapai 25 persen dari kebutuhan total daging ayam nasional, saat ini baru mencapai 5.5 persen saja.Dengan target sebesar tersebut pengembangan bisnis ayam kampung akan mampu menggerakkan ekonomi pedesaan yang notabenenya merupakan usaha skala mikro, kecil dan koperasi. Pengembangan bisnis ternak ayam kampung sendiri tidak hanya bermanfaat bagi peternak tetapi juga sektor usaha lain misalnya nilai perdagangan dari pakan dan pengolahan daging ayam kampung.

Selain unggas jenis ayam kampung, bisnis itik juga memiliki peluang bisnis yang cukup menguntungkan, hal tersebut dikemukakan oleh Hasan Bisri, salah seorang peternak unggas lokal dari Pasuruhan Jawa Timur. Kendala bisnis unggas adalah pada masalah harga pakan yang mengalami kenaikan

Sumber: Kompas

25 Responses to Peluang Bisnis Ternak Ayam Kampung Menggiurkan

  1. Titis Apdini says:

    Salam Sukses,
    saya ingin memulai usaha ternak ayam kampung benar-benar dari nol dengan tujuan pemanfaatan limbah restoran tempat saya bekerja di puncak sebagai pakan ternak maka saya pilih komoditasnya ayam kampung. Apakah betul ada program dari Kementerian Pertanian untuk menunjang modal usaha skala mikro dan kecil. Mohon informasinya, terima kasih banyak.

    admin Reply:

    Mohon maaf untuk promgam dari kementrian pertanian yang dimaksud kami kurang mengetahui informasinya. Namun untuk bisnis ternak ayam kampung dengan memanfaatkan limbah merupakan ide yang baik, karena sebagian besar biaya operasional ternak ayam kamppung adalah pada pakan. Dengan begitu lebih banyak biaya bisa di hemat dan tentunya tetap organik. Semoga Sukses.

  2. amril says:

    Asalamualaikum :
    saya ingin sekali berternak ayam kampung super sekali kecil, di karenakan saya baru pemula, dengan basic saya pernah memelihara ayam pada saat itu sampai dengan 50 ekor, itu pun peninggalan orang tua saya, saya ingin mengulang kembali, mohon di info tempat pembelian DOC di jakarta.

    admin Reply:

    Waalaikumsalam Wr.wb
    Silahkan yang punya info DOC ayam kampung Super di Jakarta bisa di share di sini

    Wassalam

  3. muhamad zaini says:

    saya ingin sekali ternak ayam kampung naumun masih bingung kemana saya harus menjualnya,,

  4. Baihaqi says:

    Salam semua,…

    sbagai seorg peternak ayam mgkin msalah prtama yg mnjadi keluhan anda adalah wabah penyakit ”didaerah saya sring x tiap tahunnya ada pnyakit yg mematikan mnyerang ternak,..apakh pnyakit dmikian dapat dhindari dgn tdak memakan biaya??? Thanks atas prhatiannya

    admin Reply:

    Vaksinasi rutin dan tepat dapat mencegah ayam terjangkit penyakit. Biaya tidak mahal namun butuh ketelatenan. Selain itu faktor kebersihan kandang yang terjaga juga sangat membantu mencegah penyakit menyerang ayam.

  5. dhofar says:

    cara menanggulangi penyakitnya dari ayam kampung gimana pak

    admin Reply:

    Vaksinasi dan Biosecurity sebagai pencegahan. Pemberian obat yang tepat dan karantina pada saat ayam sakit

  6. djoko says:

    Saya sedang mencoba beternak ayam kampung persilangan bangkok dalam waktu sekitar 9 bulan, dari 1 pejantan dan 1 betina menghasilkan setiap bulannya bertambah 7 s.d 9 ekor anakan. Permasalahan yang saya hadapi tempat yang relatif sempit karena rumah saya di tengah kota. Makanan ayam dari bekatul saya campur hormon ternak, jarang sekali mati. Permasalahan lain jumlah ransumnya relatif besar, bagaimana teman-teman dapat menghemat ransum untuk memperkecil biaya pakan, Terima kasih informasinya, salam.

  7. arya, says:

    apa bisa ya pak ayam kmpung kalo sudah bertelur tdk megrami? kalo bisa g5na carany? soalny saya mau memanfaatkan telurnya

    admin Reply:

    Menghilankan sifat mengeram pada ayam kampung bisa dilakukan dengan cara rekayasa genetik, namun ini perlu waktu dan keahlian. Cara lain yang lebih sederhana adalah memelihara ayam kampung dengan sistem batere, satu ayam betina dikandangkan pada satu kandang, ini akan mengurangi keinginan ayam mengeram setelah bertelur. Cara lain jika sudah mau mengeram mandikan, taruh di kandang dan lakukan penjemuran, 3-4 hari keinginan mengeram biasanya sudah hilang.

  8. M.furyanto says:

    Saya kepengin memulai usaha ternak ayam kampung,gmna cara ny usaha tsb bz maju & berkembang trz apakah sya harus ijin kebidang peternakan trz dimulai dri kpn,apakah awal usaha??

    admin Reply:

    Awali dari jumlah kecil, manfaatkan yg ada duku,pelajari segala seluk beluk ternak ayam dari hal terkecil,kembangkan sedikit demi sedikit. Untuk jumlah kecil saya rasa perijinan belum diperlukan.

  9. bowie says:

    di jambi sangat minim peternak ayam kampung
    saya ingin memulainya
    tolong berikan tips

  10. Kabul says:

    Pengepul ayam dimana kalau di jawa tengah

  11. darmin says:

    salam ayam kampung super…!!!!
    kalo bisa saya sarankan segala sesuatu usaha jangan pake dana hibah atau bantuan…. saya sudah mencoba .. dana dari gubernur jabar 2010 untuk beli domba garut dan saya titipkan ke masyarakat hasilnya bukan nambah , dalam 2 tahun malah tinggal 2 ekor…..

    tapi saya coba melihara ayam dari ayam bangkok sampai ayam kampung super dana dari kantong sendiri sampai sekarang tetap aja lancar …. walau sekala kecil… untungnya..limbah dapur bisa bermanfaat, bisa makan daging ayam, .. mau jual bisa ….

    admin Reply:

    Biasanya kalau pake modal dari dana sendiri lebih hati2 dan serius,kalau gagal yg hilang dana kita juga,kalau dana hibah biasanya berfikir gagal tidak apa2 toh bukan uang kita

  12. irwan says:

    gan saya mau berternak tapi g tau berapa jarak ideal ayam untuk bertelur kembali

    admin Reply:

    tanpa mengeram biasanya ayam kampung akan bertelur kembali setelah kurang lebih 2 minggu.

  13. ronny sn says:

    sangat membantu sakali, terima kasih.

  14. bastian says:

    boleh mintak alamat admin nya…? saya mau main ke tempat admin

    admin Reply:

    Saya bolak balik Jogja Magelang Pak

  15. khoirul anam says:

    Pak,kalau ternak ayam di magelang prospeknya bgaimana? Jenis ayam apa y,yg paling cocok?

    admin Reply:

    Pada dasarnya semua memiliki prospek (ayam kampung, hias, potong,petelur dll), tinggal silahkan pertimbangkan setiap aspeknya.

Leave a Reply

You might also likeclose