Cara Sederhana Mencegah Flu Burung

MENCEGAH FLU BURUNG — Penyakit yang satu ini menjadi momok yang menakutkan para peternak ayam. Bukan hanya menyerang ayam namun penyakit yang dikenal dengan H5N1 ini juga berbahaya bagi manusia. Kematian pada unggas yang disebabkan oleh virus Flu burung bisa mencapai 100% populasi ayam. Pada kelompok manusia yang terserang virus flu burung juga tidak jarang menyebabkan kematian. Kerugian para peternak unggas sudah tidak terhitung karena serangan virus Flu Burung.

Untuk mengatasi flu burung pada dunia peternakan ayam ada berbagai cara bisa dilakukan. Namun sebenarnya ada cara sederhana yang sudah diterapkan oleh Edi Suntono, peternak dan penghobi Ayam Kukuak Balenggek asal Kampung Nagari Kotogadang Guguk, Kecamatan Gunungtalang ,Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Pengalaman kakek yang satu ini dalam beternak Ayam Kukuak Balenggek selama bertahun-tahun membuatnya mengerti betul seluk beluk mengatasi penyakit ayam termasuk serangan virus Flu Burung.

Dimulai Dari Perawatan Ayam Yang Baik

Inti dari pencegahan penyakit flu burung adalah bagaimana merawat ayam dengan perawatan yang baik. Secara teratur Edi selalu membersihkan kandang ayam Kukuak Balenggek dan membuang pada tempat yang telah ia sediakan. Kondisi kandang yang selalu bersih membuat ayam selalu sehat dan tahan terhadap penyakit.

Selain faktor kebersihan kandang ayam, Edi juga selalu memperhatikan Gizi makanan yang diberikan kepada ayam. Makanan ayam yang memiliki kandungan gizi yang baik dan seimbang akan membantu memenuhi seluruh kebutuhannya dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ayam-ayam Kukuak Balenggek peliharaannya juga rajin dimandikan setiap beberapa hari sekali, ia memandikannya dengan air shampoo dicampur deterjen. Tindakan lain yang dilakukan adalah dengan memberikan vaksinasi kepada ayam peliharaannya, apalagi di saat menjelang pergantian musim dimana saat-saat itu adalah masa rentan serangan penyakit ayam.

Karena ketelatenan dan kegigihannya beternak ayam Kukuak Balenggek selama berpuluh-puluh tahun, ayam-ayam peliharaannya selalu sehat dan bebas penyakit. Koleksi ayam Kukuak Balenggeknya mencapai puluhan ekor dan terkenal di kawasan Solok.

One Response to Cara Sederhana Mencegah Flu Burung

  1. Sartu says:

    Kira – kira obat apa yang diberikan untuk penyembuhan ayam kampung yang baru terkena virus flu burung / tetelo?

Leave a Reply

You might also likeclose