Mengobati Ayam Cacingan

OBAT CACING AYAM — Cacingan merupakan penyakit yang lazim dialami dalam dunia ternak ayam. Lingkungan kandang ayam yang bercampur antara kotoran, tanah dan makanan menjadi media yang baik untuk telur cacing. Ayam mudah sekali tertular oleh penyakit cacingan ini. Ayam yang terkena penyakit cacing biasanya mengalami penurunan produktifitas yang cukup besar. Untuk anakan ayam atau ayam muda pertumbuhannya menjadi terhambat dam pada ayam pedaging bobot ayam menjadi kurang.

Penyakit cacing biasanya kurang terdeteksi dengan jelas oleh para peternak bahkan peternak memang terkesan tidak terlalu memperhatikan penyakit ini. Wajar saja karena penyakit cacing ayam memang tidak sampai menimbulkan kematian. Namun tanpa disadari penyakit cacing ayam ini menurunkan produktivitas ayam.

Penyakit cacing ayam biasanya disebabkan oleh jenis cacing pipih dan cacing gilig. Cacing ini menginfeksi ayam melalui makanan dan minuman yang tercemar telur atau larva cacing. Selain itu cacing juga bisa menginfeksi melalui inang seperti siput, kumbang dan lalat. Karena itu penting untuk selalu menjaga pakan dan minum ayam bersih dari kotoran.

Ciri-ciri Ayam yang terkena infeksi cacing antara lain : terlihat lesu, pucat, badan kurus, nafsu makan kurang, diare serta mata terlihat basah berbuih dan memerah karena radang.

Pencegahan Cacingan Pada Ayam

Penanggulangan penyakit cacingan pada ayam yang terbaik adalh dengan melakukan pencegahan sebelum terjadi, untuk menghindari kerugian yang lebih besar.
Salah satu pembawa penyakit cacing adalah lalat, yang dapat bertindak sebagai vektor mekanik dari telur Ascaridia galli, maka pengendalian terbaik terhadap cacing tersebut adalah kombinasi antara pengobatan preventif dan manajemen kandang yang optimal, meliputi sanitasi/disinfeksi ketat dan pembasmian lalat.

Selain itu sistem ventilasi kandang harus selalu terjaga dengan baik, agar kandang tetap dalam kondisi kering. Hindari kondisi yang bisa membuat kandang becek dan lembab. Kandang yang becek dan lembab menjadi medium yang baik utuk cacing berkembang dan bersembunyi.

Hindarkan ayam mengalami kontak langsung dengan inang penyebar penaykit cacing misalnya kotoran ayam, siput, lalat dan kumbang.

Pemberian nutrisi ayam yang baik dan bergizi juga mempengaruhi pembentukan kekebalan terhadap infeksi cacing . Menurut penelitian ayam yang diberikan pakan dengan kadar vitamin A, B kompleks, kalsium, dan lisin yang tinggi akan meningkatakan resistensi terhadap Ascaridia galli.

Pengobatan Penyakit Cacing Ayam

Jika infeksi cacing sudah terlanjur terjadi maka pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan obat cacing untuk ayam, yang bisa dibeli di Poultry shop. Selain itu ada beberapa obat herbal yang bisa diberikan untuk ayam cacingan, antara lain: Buah Pinang Muda, Daun Pepaya Muda, Daun Petai Cina, Bawang Putih dan Tembakau.

Leave a Reply

You might also likeclose