Penyakit Tembolok Pada Ayam Pelung

PENYAKIT TEMBOLOKPenyakit ayam dan unggas yang satu ini tidak jarang menimpa ayam pelung kesayangan kita. Meski tidak ganas, namun jika tidak tertangani dengan baik akan mengakibatkan kematian pada ayam. Penyakit tembolok pada ayam ditandai dengan mengerasnya tembolok ayam dan tidak mau kempes, seolah ayam dalam keadaan kenyang. Meski ayam tidak makan, tembolok tetap besar dan keras. Hal ini karena makanan yang ada di tembolok tidak bisa dicerna oleh sistem pencernakan ayam.

Penyebab tembolok keras pada ayam bermacam-macam bisa karena bakteri atau penyakit, bisa juga karena ayam memakan benda-benda yang keras sehingga sulit untuk dicerna. Ayam pelung yang jarang diumbar akan cenderung mematuk apa saja yang ada di sekitarnya, misalnya saja karet gelang, tali rafia, plastik dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut cenderung sulit dicerna sehingga akan mengganggu sistem pencernakan ayam, akbibatnya makanan lain juga tidak bisa dicerna.

Pola pemberian makanan yang tidak teratur juga akan mengakibatkan tembolok ayam menjadi keras karena pencernakan terganggu. Memberi makanan secara berlebihan atau ayam terlalu lapar juga tidak baik bagi pencernakan ayam.

penyakit-tembolok-ayam-pelung

Penyaki Tembolok Ayam Pelung Disebabkan Banyak Hal

Mengobati Penyakit Tembolok Ayam

Untuk menanggulangi penyakit tembolok pada ayam ada dua langkah, yaitu langkah pencegahan dan langkah pengobatan. Langkah pencegahan penyakit tembolok adalah dengan memberikan makanan dan minuman secara cukup dan teratur. Hindarkan barang-barang berbahaya seperti karet, plastik dan material lain dari dalam kandang ayam. Segingga ayam pelung tidak memakan barang tersebut. Berikan juga makanan hijauan/sayuran yang mengandung serat. Sayuran selain membantu pencernakan juga mencegah ayam terlalu agresif memakan barang lain.

Jika penyakit tembolok terlanjur menghinggapi ayam pelung, ayam tidak usah diberi makan terlebih dahulu namun air minum tetap diberikan. Berikan obat tembolok yang bisa dibeli di poultry shop. Ada berbagai macam merek obat yang ada di pasaran, gunakan dosis sesuai dengan petunjuk dari pabriknya. Biasanya tembolok akan segera kempes setelah diberikan obat ini. Jika terlalu sulit, tembolok bisa dipijit-pijit sampai lunak dan isinya bisa dimuntahkan. Setelah bisa dikeluarkan isi tembolok, bisa mulai diberikan makanan yang membantu pencernakan seperti pepaya.

2 Responses to Penyakit Tembolok Pada Ayam Pelung

  1. urif says:

    saya maau tanya ayam pelung saya udah 2 hari in suaraya kecil baget tidak kaya biasaya

    admin Reply:

    Ada gejala ngorok tidak? Coba perhatikan dengan seksama kalau belum parah biasany tidak terlalu jelas jika ya obati dulu ayam pelungnya

Leave a Reply

You might also likeclose