Makanan Ayam Pelung

Kandungan Gizi Beberapa Makanan Ayam Pelung

makanan-ayam-pelung

MAKANAN AYAM PELUNG — Banyak jenis makanan yang bisa diberikan pada ayam pelung, mulai dari makanan alami maupun makanan buatan pabrik (voer). Pada dasarnya memberikan makanan apa saja tidak masalah asalkan memiliki kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan si ayam. Makanan buatan pabrik atau voer dalam jumlah berlebih biasanya tidak terlalu direkomendasikan untuk ayam yang dipersiapkan untuk kontes, karena kurang baik untuk kokoknya.

Berikut beberapa kandungan gizi makanan alami untuk ayam, berikut beberapa efeknya jika diberikan pada ayam kesanyangan

Beras merah
Beras merah biasa diberikan untuk ayam pelung yang sudah mulai dewasa atau setelah masa pertumbuhan bulunya selesai . Kandungan nutrisi yang ada pada beras merah memiliki kadar protein yang tinggi, kandungan lemak yang rendah dan memiliki karakteristik mudah dicerna oleh ayam. Efek dari pemberian beras merah pada ayam badan menjadi kekar dan padat., selain itu tidak merusak pita suara pada ayam pelung.

makanan-ayam-pelung

Beras Merah Makanan Ayam Pelung

Gabah
Gabah merupakan bulir padi yang belum digiling, atau beras sekaligus kulitnya. Pemberian gabah akan menjadikan tubuh ayam menjadi ringan dan kesat mirip dangan beras merah. Gabah mempunyai kandungan vitamin yg lebih komplek ,kalsium yang tinggi dan dan harganya lebih murah. Pemberian gabah akan memperkuat bulu ayam jago sehingga tidak mudah rontok . Gabah biasanya bercampur dengan bulir yang tidak ada isinya, karena itu pemberian gabah hendaknya direndam air terlebih dahulu, yang mengapung dipisahkan dan dibuang karena tidak ada isinya.

Jagung
Jagung memiliki kandungan karbohidrat yangg paling tinggi diantara beras merah dan gabah. Selain itu jagung juga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang besar, sehingga sangat baik terhadap pertumbuhan tulang ayam. Pemberian jagung akan menjadikan pertulangan ayam menjadi kuat , selain itu ayam akan mempunyai tenaga yang besar.

Kacang Hijau
Kacang hijau memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup besar sehingga sangat bermanfaat dalam pertumbuhan ayam dan memperkuat tulang. Kandungan protein kacang hijau juga sangat tinggi yaitu sekitar 24%. Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang hijau aman untuk di konsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Manfaat lain dari kacang hijau adalah membantu penyerapan protein, mencegah kanker, beri-beri, hingga meningkatkan kinerja syaraf. Hal ini karena dalam kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup. Pemberian kacang ijo kepada ayam bisa dilakukan dalam bentuk butiran atau setelah menjadi kecambah. Pemberian kecambah sering juga diberikan kepada ayam babon pelung untuk meningkatkan produksi dan kualitas telur.

22 Responses to Kandungan Gizi Beberapa Makanan Ayam Pelung

  1. Isnawan says:

    bagai mana mengatasi ayam jantan yang kurang bergairah untuk mengawini betinanya? thanks atas sarannya

    admin Reply:

    Yang pertama harus dipastikan dulu bahwa Ayam jantan tersebut sehat dan stamina bagus. Selain itu juga umur Ayam, ayam yang terlalu muda belum siap untuk mengawini sehingga kurang gairah. Ayam yang terlalu tua juga demikian. Untuk mendukung hal tersebut berikan beberapa makanan yang menunjang gairah kawin pada ayam jantan. Beberapa pilihan di postingan ini mudah-mudahan membantu http://ternakayampelung.com/obat-dan-penyakit/ramuan-tradisional-untuk-kesehatan-ayam

  2. dede suhendra says:

    ayam jantan sy tdk mw mkn nasi knp y ?

    admin Reply:

    Bisa jadi karena tidak biasa makan nasi Kang. Coba biasakan dari sedikit demi sedikit dengan dicampur pakan yang ia suka, lama-lama akan mau makan nasi.

  3. ardi says:

    ada efeknya tidak ya kalau ayam keseringan makan beras…

  4. ade chandra says:

    Apakah ada manfaatnya habbatussauda (jintan hitam) berbentuk kapsul untuk ayam pelung? Mhn infonya

    admin Reply:

    Sejauh ini kami belum tahu kang

  5. firman says:

    ayam pelung sy dah brumur lbh dr 8 bln knp msh jarang berkokok pdhl knds sehat.apa ada obat penambah gairah untuk berkokok

  6. isya pratama says:

    pa admin tolong saran nya ayam pelung saya kurus trus klo pengen cepet gemuk trimsss….

    admin Reply:

    Berikan makanan yang cukup bila perlu tambahkan Voor ayam seperti BR1 dll. Jika tetep tidak gemuk dan makannya tidak lapab beri obat cacing atau bisa jadi ada kelainan/penyakit lain. Selamat mencoba.

  7. cahya says:

    gimana cara mengatasi pakan yg super mahal ini…?

    admin Reply:

    Bikin Pakan sendiri Om, sedikit ribet dan telaten, tapi lumayan menghemat pakan

  8. cahya says:

    pernah coba ternak 100 ekor,tapi tiap mau datang musim ujan ayam saya pada mati..,kenpa ya..?

    admin Reply:

    Pergantian Musim memang rawan serangan penyakit. Usahakan kandang selalu bersih dan tidak lembab apalagi basah. Ayam juga jangan sampai kedinginan.

  9. rozak says:

    saya mau ternak ayam pelung untuk pakan mulai usia 1 minggu sampai dewasa apa saja yang di perbolehkan dan pakan apa yang tidak di perbolehkan di konsumsi

    admin Reply:

    Pada dasarnya semua makanan yang biasa diberikan pada ayam boleh diberikan untuk ayam pelung, yang penting bergizi, ayam suka dan sehat. Untuk anak AP berikan voor untu ayam, kalau saya biasa berikan BR1 sampai usia 1 bulan. Setelah itu secara bertahap dicampur makanan lain misalnya jagung giling, dedak dan nasi. Setelah biasa tidak konsumsi BR1 full berikan Dedak atau nasi aking yang sudah direbus/direndam air panas.

  10. mochamad wahyudi says:

    asslmmualaikm.. selain gabah dan selainya,, apa dengan dedek mempunyai nutrisi yg bagus utk menghasilkn suara yg bagus??

    admin Reply:

    Buah-buahan seperti Tomat dan Pisang bagus untuk ayam pelung

  11. dens says:

    Klo pngen ayam suara’y lbih panjang gmana ykh.?

    admin Reply:

    Cari ayam pelung yang merupakan keturunan indukan kokok panjang. Setelah itu perawatan yang baik al:pakan bergizi, penjemuran jangan terlalu banyak diumbar dan campur dengan betina

  12. matnur says:

    Lam kenal bwt smoanya…
    ♏a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ tanya ni gmn spy bulu ayam pelung ane bagus n megkilap ?

  13. Frabu jinjun says:

    dikasih vitamin TetraClor mas biar penyakit ngorok kukuruyuk nya kluar setelah itu diberikan perasan jahe merah + susu air hangat..pasti josss bngt.

Leave a Reply

You might also likeclose