Manfaat Probiotik Untuk Ternak Ayam

PROBIOTIK TERNAK AYAM — Ada beragam pendapat mengenai penggunaan probiotik pada ternak ayam. Ada yang meragukan manfaatnya dan menganggap sia-sia saja namun ada juga yang berpendapat penggunaan probiotik sangat bermanfaat untuk produktifitas ternak. Ramainya perbincangan mengenai penggunaan probiotik pada ternak ayam, salah satunya adalah harga pakan,perlengkapan dan obat-obatan yang terus meningkat. Sedangkan harga produksi baik itu daging maupun telur tidak bisa mengimbangi kenaikan harga pakan dan obat tersebut. Seperti diketahui pengeluaran untuk pakan adalah bagian terbesar dalam ternak ayam, karena itu menekan pengeluaran untuk pakan dengan probiotik adalah jawabannya.

Bagaimana Probiotik Bekerja

Saat ini banyak sekali merek dan produk probiotik tersedia di pasaran, namun untuk efektifitasnya hanya peternak yang telah mencobanya saja yang bisa tahu. Karena itu untuk meminimalkan trial and error mengaplikasikan produk probiotik ada baiknya untuk memahami cara kerja probiotik pada ternak ayam.
Secara umum ada 4 mekanisme umum yang terjadi di dalam tubuh ayam dengan penggunaan probiotik, yaitu:
(1) tercipta suasana usus yang tidak nyaman untuk bakteri patogen.
(2) eliminasi situs reseptor bagi bakteri patogen.
(3) produksi dan sekresi metabolit antimikrob
(4) kompetisi nutrisi essential.

Kondisi pH usus sangat mempengaruhi kelangsungan hidup sejumlah mikroorganisme pathogen. Produksi Volatile Fatty Acid (VFA) oleh mikroflora normal usus pada pH

Pemberian antibiotik dalam jangka waktu panjang dapat mengganggu kelangsungan hidup mikroflora normal usus sehingga menurunkan produksi VFA dan menyebabkan suasana usus menjadi basa. DOC biasanya belum mampu memproduksi VFA secara optimal, sehingga penambahan probiotik sangat penting dilakukan.

Organisme probiotik memproduksi substansi antimicrobial yang dapat membunuh patogen dan berkompetisi dengan bakteri patogen dalam menempati situs reseptor di saluran pencernaan. Inhibitory product yang dihasilkan oleh probiotik antara lain asam lemak terbang (VFA) rantai pendek (lactic, propionic, butyric, acetic acid), hydrogen peroksida, dan diacetyl.

Manfaat Probiotik Untuk Ternak

Dengan memahami cara kerja probiotik pada ternak ayam tersebut ada beragam manfaat yang bisa diperoleh dengan aplikasi probiotik pada pakan ternak. Manfaat penggunaan probiotik pada ternak dialami oleh Ir Suharto MS seorang Dosen Universitas Negeri Sebelas Maret sekaligus pendiri PT Lembah Hijau Multifarm (LHM) Surakarta. PT LHM sendiri merupakan usaha bisnis pertanian terpadu, yang meliputi peternakan dan pertanian yang menggunakan probiotik. Ir Suharto adalah pakar sekaligus praktisi yang membuat usaha LHM menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Menurut Suharto, manfaat utama pemakaian Probiotik pada ternak adalah lahirnya efisiensi dan produktifitas ternak. Salah satu contohnya adalah pada ayam potong dan petelur, menghasilkan konversi pakan yang membaik. Dengan demikian biaya untuk pembelian pakan bisa lebih hemat.
Dari segi kualitas produk, menurut Suharto juga akan semakin meningkat, contohnya pada ayam potong, kandungan lemaknya lebih rendah, sebab Probiotik dapat meningkatkan Metabolisme Energi (ME) dan Total Digestible Nutrien (TDN) sehinga imbangan antara portein dan energi lebih bagus.

Manfaat lain penggunaan Probiotik pada ayam adalah aspek keserasian lingkungan dan kesehatan ayam. Dengan aplikasi probiotik pada ternak ayam udara lingkungan menjadi lebih segar karena kotoran ayam relatif tidak berbau dan berarti tidak ada protes dan keluhan masyarakat.

Penggunaan probiotik menurut Suharto juga akan berdampak konservasi atau pelestarian lingkungan, karena kotoran ayam tidak menjadi pencemar lingkungan bahkan kotoran itu menjadi perawat lingkungan dan lebih siap digunakan sebagai pupuk organik.

Seiring dengan udara segar, akibat rendahnya kandungan amoniak dalam kotoran, maka potensi ayam menderita gangguan kesehatan semakin kecil. Utamanya adalah penyakit yang berkaitan dengan sistem pernafasan akan dapat ditekan. Dengan demikian pertumbuhan ayam akan lebih optimal. Termasuk dalam hal ini, tentunya adalah pertumbuhan organ-organ tubuh yang secara langsung maupun tidak langsung pada sistem kekebalan. Inilah yang menjadi alasan penggunaan probiotik dapat meningkatkan kekebalam pada ayam.

Penggunaan probiotik pada ternak ayam adalah upaya memaksimalkan hasil produksi ternak dengan menekan biaya produksi, namun memberikan hasil yang lebih optimal. Jika anda berminat tentu bisa bekajar dari para ahli dan praktisi yang sudah memiliki pengalaman langsung.

 

Sumber:
(1). http://www.majalahinfovet.com/2008/07/probiotik-dalam-pakan-rangsang.html
(1). http://www.novindo.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=42:kenali-lebih-deka..

Leave a Reply