Tips Membuat Pakan Ayam Pedaging Sendiri

MEMBUAT PAKAN AYAM SENDIRI — Harga pakan ayam yang selalu mengalami kenaikan menjadi momok tersendiri bagi peternak ayam pedaging. Baik itu peternak ayam pedaging broiler maupun ayam kampung pedaging. Terang saja karena hampir sebagian besar biaya untuk pembesaran ayam ada pada komponen pakan. Jika diberikan pakan ayam dengan kualitas rendah, pertumbuhan ayam akan lambat dan bobot ayam tidak akan tercapai pada usia panen. Namun jika menggunakan pakan berkualitas harga pakan tidak bisa menutup untuk biaya operasional.

Persolan inilah yang kerap menghantui para peternak ayam di berbagai pelosok negeri. Karena itu muncul pertanyaan mungkinkah membuat pakan ayam sendiri dengan biaya murah namun memiliki kandungan gizi yang cukup untuk pertumbuhan ayam.

Nah tips berikut ini bisa anda coba untuk membuat pakan ayam pedaging sendiri, dengan bahan-bahan yang bisa didapatkan di sekitar anda. Untuk harga masing-masing bahan baku pakan ayam pedaging buatan sendiri bisa disurvey di lokasi masig-masing. Bisa jadi di sekitar anda tersedia bahan pakan ayam yang melimpah sehingga murah harganya.

Pakan Ayam biasanya dibuat dalam berbagai bentuk yaitu pakan ayam dalam bentuk tepung, crumble (butiran pecah), dan pelet. Pakan Ayam pedaging biasanya terdiri atas jenis pakan starter dan pakan ayam pedaging finisher.
1. Membuat Pakan Ayam Pedaging Starter
Untuk membuat 100 kg pakan ayam pedaging starter , bahan-bahan yang diperlukan antara lain :
Jagung 60 kg, bekatul 2 kg, tepung gaplek 2 kg, tepung ikan 13,5 kg, tepung darah 3 kg, kedelai 7 kg, bungkil kelapa 5 kg, tepung daun pepaya 2 kg, bungkil biji kapuk 1kg tepung bulu unggas 4 kg , premix 0,5 kg.

2.Membuat Pakan Ayam Pedaging Finisher
Bahan untuk membuat pakan ayam pedaging finisher 100 kg adalah :Jagung 50 kg, bekatul 7 kg, sorgum 10 kg, tepung gaplek 5 kg, tepung ikan 3 kg, tepung darah 3 kg, kedelai 9 kg, bungkil kelapa 5 kg, bungkil biji kapuk 0,5 kg, tepung daun pepaya 2,5 kg, tepung bulu ayam 2,5 kg, minyak kelapa 1 kg , premix 0,5 kg .

Cara Pembuatan Pakan Ayam Berbentuk Tepung

Pakan ayam pedaging buatan sendiri berbentuk tepung ini paling mudah pembuatannya. Semua bahan digiling jadi tepung lalu diaduk sampai rata dan siap disajikan. Namun pakan jenis ini tidak efektif karena ayam memiilih jenis pakan yang disukai, sehingga banyak nutrisi yang tidak di konsumsi, karena hanya dipilih sebagian.

Cara Membuat Pakan Ayam Pedaging Bentuk Butiran Pecah

Pakan Ayam pedaging berbentuk butiran pecah ini dibuat dengan cara, semua bahan di giling jadi tepung. Lalu diaduk hingga rata, setelah itu di kukus atau di uap dengan panas antara 80-900C. Kemudian pakan diaduk dalam ayakan yang berlubang sambil ditekan, sehinga butiran berjatuhan. Jemur butiran itu hingga kering. Siap disajikan. Pakan jenis ini cukup efisien tidak banyak nutrisi yang terbuang.

Cara Membuat Pakan Ayam Pedaging Bentuk Pelet

Untuk pembuatan pakan ayam pedaging berbentuk pelet hampir sama dengan cara membuat pakan pedaging berbentuk butiran pecah. Bedanya setelah penguapan dimasukkan dalam gilingan daging atau sambal, sehingga keluar bentuk memanjang. Kemudian di potong potong dan di jemur sampai kering. Siap di sajikan. Pakan jenis ini pun cukup efisien.

Untuk menghindari pakan yang cepat rusak dan tengik karena udara yang lembab, sebaiknya pakan diberi bahan pengawet. Misalnya BHA (Butiylated hydroxy anisol), BHT (Butylated Hydroxy toluen), Gropyl Gallate, Oktyl Gallate, Tokoferol, Etoksikusin yang biasanya di kemas dengan nama Antrasin, Toksomiks, Antoks dan sebagainya. Pemberian sebaiknya tidak lebih dari 0,1% jumlah pakan.

You might also likeclose