Ayam Pelung Salah Satu Ayam Mahal Asli Indonesia

AYAM PELUNG AYAM MAHAL — Bagi peternak dan pecinta Ayam pelung mungkin patut berbangga hati bahkan bersiap meraup keuntungan dari kegemarannya. Betapa tidak, Ayam pelung ternyata menjadi salah satu ayam kampung ( ayam asli Indonesia) yang dihargai mahal di kalangan para pembeli. Apalagi jika ayam-ayam pelung peliharaan kita memiliki kualitas yang bagus tentu tidak sulit untuk menemukan pembeli yang sanggup membeli dengan harga selangit. Umumnya ayam pelung bagus akan dinilai berdasar keindahan kokoknya, selain penilaianlainnya dalam lomba. Untuk Ayam pelung juara, harganya bisa di atas 20 juta. Tidak hanya itu keturunan si Ayam Pelung juara pasti akan terus diburu bahkan harun antri untuk mendapatkan keturunannya.

Meski tidak semua ayam pelung berharga jutaan rupiah namun karena postur tubuhnya yang lebih besar dari ayam kampung biasa, harga ayam pelung lebih mahal dibandingkan ayam kampung. Misalnya untuk jago ayam kampung dewasa kita bisa membeli di pasar dengan harga dibawah 100 ribu. Namun untuk ayam pelung kualitas biasa bisa dihargai diatas nominal tersebut. Tidak heran jika ayam pelung merupakan ayam satu dari ayam termahal.

Ayam Cemani

Ayam termahal selanjutnya adalah Ayam Cemani, ayam jenis ini banyak dijumpai di daerah Kedu , Temangung, Jawa Tengah. Warna bulu,kulit, daging, tulang hingga darah ayam cemani yang berwarna hitam legam membuat Ayam cemani memiliki keunikan tersendiri. Kehadiran ayam Cemani sering dikaitkan dengan hal-hal mistis dan sarana untuk hal-hal demikian. Keindahan dan keunikan ayam cemani ini banyak digemari oleh pecinta Ayam tidak hanya dari Indonesia bahkan AS. Di Amerika Ayam Cemani dibandrol hingga harga $2500.



Ayam Cemani

Ayam Ketawa

Sekilas memang tidak nampak perbedaan ayam ketawa dengan ayam kampung lainnya, namun setelah didengarkan kokoknya, Ayam asal Sidrap Sulawesi Tengah ini akan nampak bedanya dengan ayam Kampung. Suara kokok ayam ketawa sangat mirip dengan orang tertawa, bahkan mirip suara kuntilanak. Karena keunikan kokoknya ini ayam ketawa banyak diburu pecinta unggas, sehingga harganya melangit. Terlebih lagi banyak kegiatan lomba ayam ketawa dilaksanakan.



Kontes Ayam Ketawa

Ayam ketawa juara bisa dibandrol dengan harga di atas 40 juta. Konon ayam ini awalnya banyak dipelihara oleh para bangsawan Bugis, namun sekarang penyebarannya sudah meluas di Seluruh Indonesia.

Ayam Kukuak Balenggek

Dari namanya tentu sudah bisa menebak dari mana asal ayam yang satu ini. Ayam asli Sumatera Barat ini juga memiliki keunikan dari suara kokoknya. Seperti halnya ayam ketawa dan ayam pelung. Kokok ayam Kukuak Belenggek memiliki irama kokok bertingkat mulai dari 3 hingga 12 lenggek bahkan sampai 19 lenggek. Selain itu kokok ayam Kukuak Balenggek terdiri dari 6-15 suku kata tergantung faktor genetik dan latihan yang diberikan oleh pemiliknya.



Ayam Kukuak Balenggek

Meski Popularitas Ayam Kukuak Balenggek ini masih kalah jika dibandingkan dengan ayam pelung atau ayam ketawa, namun harga Ayam Kukuak Balenggk tidak kalah mahalnya. Harga Ayam Kukuak Balenggek pemenang lomba bisa dibandrol 20 sampai 40 juta per ekornya.

Indonesia memiliki banyak jenis ayam kampung unggul yang berharga jual yang cukup mahal. Nampaknya kita perlu berbangga diri dengan terus melestarikan ayam kampung khas Indonesia agar tidak punah atau bahkan diklaim milik negara lain. Tentunya dengan mengupayakan peternakan ayam kampung yang baik dan menjaga kualitas genetika.

2 Responses to Ayam Pelung Salah Satu Ayam Mahal Asli Indonesia

  1. jimi roy says:

    sungguh luar biasa kebesaran Allah untuk menghibur manusia, ayampun bisa tertawa bunyinya, dan harganya cukup mahal, bukan ayamnya yang mahal tetapi jenis suaranya, nikmat mana lagi yang kau dustai wahai manusia, belum lagi ayam cemani untuk obat orang yang sakit, wah tiada taranya disiapkan untuk manusia, seharusnya rasa syukur kepada Allah bertambah ketaatan kita kepada Sang Maha Pencipta, tetapi kebanyakan manusia mau enakmya saja lupa pada pencipta yang memberikan karunia kepadanya, sedikit sekali yang bersyukur

  2. Pudrikah says:

    Punya 2 ayam cemani..di jual bila minat ..smua serba hitam d jamin…kcuali yg 1ekor kuku ny putih…ni no sya 085881761554

Leave a Reply

You might also likeclose