Cara Ternak Bebek Pedaging

TERNAK BEBEK PEDAGING — Konsumsi daging bebek atau daging itik kini mengalami peningkatan. Permintaan daging bebek semakin besar dengan makin populernya kuliner bebek. Jika dulu daging bebek berasal dari bebek petelur afkir kini bebek yang khusus dipelihara sebagai penghasil daging makin menjanjikan. Apakah beternak bebek pedaging cukup menguntungkan? Ya beternak bebek pedaging bisa mendatangkan keuntungan asalkan dilakukan dengan cara ternak bebek pedaging yang baik dan benar.

Bebek pedaging biasanya sudah bisa dikonsumsi pada usia 40-45 hari sejak anakan atau DOD. Untuk mencapai bobot yang layak konsumsi pada usia tersebut, harus dilakukan pemberian pakan dan pemeliharan bebek secara intensif.

Berikut ini adalah beberapa langkah ternak bebek pedaging agar bisa panen dalam waktu 45 hari:

1. Pemilihan bibit Bebek pedaging

Bibit bebek pedaging sebaiknya dipilih dari bebek jantan, karena selain pertumbuhannya yang cepat juga harga anakan bebek jantan lebih murah. Selain itu penting diperhatikan anak bebek yang dipilih adalah yang sehat, bebas cacat dan gesit.

2. Kandang Bebek Pedaging

Kandang bebek pedaging untuk fase starter atau masa awal sebelum 2 mingu digunakan kandang panggung. Pada masa ini perlu diberikan penghangat tambahan dengan lampu bohlam. Kandang panggung bebek pedaging membuat bebek tetap hangat dan kebersihan terjaga.

Setelah lewat dua minggu atau bisa disesuaikan dengan kondisi bebek pedagingnya, kandang dipindahkan ke kandang tanah. Namun perlu diberikan penghangat di bagian alasnya dengan memberikan sekam,pasir atau jerami. Bersihkan kandang jika sudah mulai kotor dan ganti dengan sekam baru.

Agar tidak berbau , tempat memberi makan dan minum harus terpisah dengan kandang harian. Bebek pedaging hanya diberikan makan dan disediakan minum pada saatnya saja.Jangan memberikan minum di kandang harian karena membuat kandang becek.

3. Merawat Bebek Pedaging

Perawatan bebek pedaging pada intinya adalah pada pemberian pakan yang tepat, serta luas kandang yang tepat. Bebek diberikan makanan yang cukup namun jangan banyak bergerak karena akan membuat bobot bebek tidak optimal, karena energinya habis untuk gerak.
Pada ternak bebek pedaging pakan bisa diberikan dengan pakan buatan. Pemberian pakan buatan sendiri bisa berasal dari bahan-bahan bekatul , bekicot ditambah tepung cangkang , tepung jagung , tepung ikan, tepung bulu unggas). Pakan bisa ditambahkan batang pisang , daun pepaya , sayur-sayuran sebagai penunjang serat . Pemberian tambahan ini lebih murah jika di bandingkan dengan pakan buatan pabrikan.
Pada usia 0-2 minggu anakan bebek pedaging diberikan pakan starter BR1 dalam porsi yang lebih besar yang penting bisa menunjang pembentukan massa otot.

Tempat makanan bebek pedaging usia anakan ini digunakan nampan datar, sedangkan Tempat minum digantung/ditempatkan diatas kawat ram (usahakan permukaan air minum dipersempit dengan memberi batu kerikil pada tempat minum sehingga yang masuk hanya cucuknya saja, sehingga air minum tidak dipakai mandi yang mengakibatkan DOD basah dan kedinginan yang bisa mengakibatkan kematian atau bulunya dimakan temannya) ยท
Di bawah tempat minum diberi nampan dengan tambahan kawat ram, untuk menampung tumpahan air minum supaya tidak terinjak-injak DOD sehingga disekitar tempat minum tetap terjaga kekeringannya atau kalau kandang box alasnya menggunakan kawat ram maka usahakan jangan sampai tumpahan air minum jatuh ketanah campur dengan kotoran karena bisa menyebabkan bau yang tidak sedap dan menyengat.