Mengapa Telur Ayam Tidak Menetas

TELUR AYAM TIDAK MENETAS — Pertanyaan yang sering dialami oleh para peternak ayam yang masih awam adalah masalah mengapa telur ayam tidak mau menetas. Atau jika menetas tidak bisa 100%. Sebagai contoh ayam yang mengerami 10 butir telur , kadang bisa menetas semuanya, kadang 8 ekor, 6 ekor bahkan tidak satupun telur yang menetas. Pada semua jenis unggas sebenarnya penyebabnya dapat ditelusur dari berbagai macam sebab. Misalnya saja penetasan ayam pelung, ayam bangkok, atau ayam kampung biasa.

Syarat Telur Ayam Menetas

Secara normal telur ayam akan menetas dalam waktu 21 hari pengeraman. Syarat utama telur ayam bisa menetas adalah jika telur tersebut fertil atau dibuahi oleh ayam jantan. Ayam betina pada dasarnya tetap akan menghasilkan telur, meski tidak ada pejantan lihat saja di peternakan ayam petelur. Mereka justru tidak diberikan pejantan untuk efisiensi pakan. Namun telur-telur tersebut tidak akan menetas karena tidak dibuahi oleh pejantan. Untuk bisa menetas, ayam betina harus dikawin oleh ayam jantan. Untuk menghasilkan anakan ayam yang unggul perlu dilakukan perkawinan ayam yang dipilih indukannya secara cermat.

Dalam masa pengeraman tersebut diperlukan kondisi-kondisi ideal supaya telur ayam bisa menetas. Kondisi ideal tersebut adalah suhu pengeraman yang sesuai antara 36 sampai 39 derajat celcius. Pada saat telur ayam dierami oleh induknya, suhu tubuh ayam berkisar antara suhu tersebut sehingga telur akan menetas. Pada penetasan telur ayam dengan mesin penetas suhu ruang penetasan bersumber dari lampu dan dikontrol oleh termostat.

mentaskan-telur-ayam
Menetaskan Telur Ayam Alami

Faktor lain yang mempengaruhi telur ayam menetas adalah faktor kelembaban udara di ruang penetasan/pengeraman , untuk ayam berkisar antara 50% sampai dengan 65%. Kondisi kelembaban perlu ditingkatkan menjelang telur menetas, untuk mempermudah telur menetas. Induk ayam yang mengerami telurnya akan mengeluarkan keringat yang membuat kelembaban mencapai kondisi ideal. Pada mesin tetas perlu diberikan baki yang diisi air untuk menciptakan kelembaban ruang penetasan.

Selain itu setiap bagian dari telur harus mendapatkan panas yang merata. Jika diperhatikan, ayam yang mengeram selalu memindah-mindahkan telur yang dierami dengan paruhnya. Ini dilakukan agar seluruh bagian telur mendapatkan panas yang merata. Menetaskan telur ayam dengan mesin tetas perlu dilakukan membolak-balik telur ayam beberapa kali sehari. Frekuensi membolak-balik telur akan mempengaruhi persentase penetasan.

Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas

Untuk menjawab pertanyaan mengapa telur ayam tidak menetas, kita bisa merunut dari berbagai syarat yang harus dipenuhi agar telur ayam menetas. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu kita cari jawabannya:
1. Apakah ada pejantan? Jika ada apakah sudah cukup usianya? Usia ayam yang terlalu muda atau terlalu tua biasanya kurang subur sehingga mempengaruhi daya tetas telur. Makanan ayam juga berpengaruh terhadap kesuburan telurnya sehingga mempengaruhi daya tetas. Untuk meningkatkan daya tetas, berikan makanan yang mengandung banyak protein. Untuk mengetahui apakah telur ayam fertil/subur/ada benihnya atau tidak, setelah dierami kurang lebih 4 hari terawang telur dengan lampu yang cukup terang. Telur fertil akan ditemukan noda merah bulat di dalam telur, lama kelamaan semakin besar membentuk semacam akar. Sedangkan telur yang bening, bisa dipastikan tidak akan menetas.

2. Apakah suhu pengeraman sudah sesuai, ini biasanya jika kita menetaskan pada mesin tetas. Suhu yang fluktuatif karena salah set termostat atau banyak kebocoran pada mesin tetas biasanya akan mengakibatkan telur tidak menetas. Pada ayam yang mengeram,jika banyak terganggu ayam lain atau manusia juga akan mempengaruhi kestabilan suhu dan kelembaban sehingga telur menetas hanya sedikit. Pada musim tertentu ada kutu yang sering hinggap pada ayam mengeram, ini mengganggu konsentrasi ayam mengeram sehingga daya tetas menurun.

3. Rasio ayam jantan dan betina, idealnya rasio ayam jantan betina indukan 1 jantan dan 6 betina. Pada ayam arab bisa mencapai 1 jantan 8 betina. Rasio yang terlalu besar , misalnya 1 jantan 15 betina akan menurunkan daya tetas telur,karena ayam jantan tidak mampu mengawini semua betina. Dalam rasio yang banyak , bisa jadi ada ayam betina yang tidak dikawin oleh ayam jago.

4. Telur Ayam Terlalu Lama disimpan

Waktu penyimpanan telur juga akan berpengaruh pada daya tetas telur. Semakin lama telur disimpan daya tetas telur akan semakin menurun. Agar menetas dengan baik, sebaiknya telur ayam segera dierami sebelum satu minggu,

Banyak sebab mengapa telur ayam tidak mau menetas, agar penetasan berjalan dengan baik dan sempurna. Semua kondisi harus terpenuhi dengan baik.Selamat mencoba.

95 thoughts on “Mengapa Telur Ayam Tidak Menetas

    1. Sebenarnya ada cara sederhana untuk melihat kemungkinan telur akan menetas atau tidak, sediakan lampu yang cukup terang yang dimasukkan ke dalam corong/pipa/gulungan karton atau apa saja, semacam teropong. Terawang telur yang sudah dierami minimal 2 hari pada teropong tersebut, saat meneropong usahakan ruangan gelap hanya lampu teropong saja yang menyala agar jelas terlihat. Telur yang ada embrio dan akan menetas akan terlihat ada bintik hitam dan seiring waktu pengeraman akan makin besar, kemudian terlihat merah seperti akar yang tumbuh, lama kelamaan makin besar hingga akhirnya hitam semua tidak terlihat karena anak ayam sudah berkembang. Telur yang tidak menetas dari awal akan terlihat bening meski sudah dierami beberapa hari, sebaiknya segera singkirkan karena sia-sia saja. Selamat mencoba.

    1. Coba sediakan lampu yang cukup terang dan teropong. Saat malam coba diterawang itu telur, jika ada benih akan tampak bulatan merah/hitam dan umur seminggu mulai tumbuh kayak akar dari bulatan hitam.merah tersebut. Kalau bening tanpa bulatan , telur tidak akan menetas. Selamat mencoba.

  1. saya coba netaskan telur ayam bangkok. setelah 21 hari telur lberlobang trus keluar paruh. tak tunggu seharian gak menetas menetas. tak bantu kupas telurnya, eee ternyata belum utuh semuanya. jantungnya masih kelihatan. and darah pada keluar. setelah beberapa jam mati. ini karena apa ya? suhu yg salah apa kelembaban yg salah apa mutarnya kurang miring

    1. Jangan dikelupas, biasanya akan pecah sendiri jika normal. Tetapi jika cangkang terlalu keras, suhu kurang tinggi atau kelembapan kurang akan sulit pecah dan akhirnya mati.

  2. induk ayam kok tidak terlalu sering mengerami kenapa ya?… jadi mngerami lalu lepas lagi… itu telurnya kira2 jadi apa gak ya, supaya induk ayam terus mau mengerami dikasih apa ya ?…

    1. Di awal-awal masa mengeram biasanya ayam masih sering keluar sarang untuk makan dll, setelah seminggu dan selanjutnya frekuensi keluar sarang semakin jarang bahkan tidak keluar sarang beberapa hari. Asal keluar sarangnya tidak terlalu lama ndak masalah, telur tetap bisa menetas.

  3. Ayam sy sdh berkali kali gagal menetaskan terlurnya, dia sering keluar kandang untuk makan, n kata ibuk sy telur2 yg sering dipegang bs menyebabkan gagal netas kl g dipegang / dicek ntar ada telur yg busuk tdk tahu.? Bagaiman itu ya pak.?

    1. Mungkin tempat mengeram kurang nyaman bisa juga pejantan kurang bagus. Dierawang saja saat 1 minggu,yg tidak ada embrio diambil,hg ada embrio biarkan dierami sampai 21 hari.

  4. Pakar Ayam Yth.
    Saya beli ayam kampung babon. Sehari kemudian langsung bertelur. Apakah ayam yang baru bertelur sebutir masih membutuhkan “kawin” lagi beberapa kali dengani ayam jago?
    Apabila si betina yg sedang bertelur langsung ∂ί masukan kedalam box lengkap dengan “petarangannya” (tempat bertelur dan mengeram) dan makanan tersedia, apakah akan bisa terus bertelur dan mengerami? Karena ayam baru maka saya tidak berani melepas begitu saja.
    Apa makanan yang bagus bagi ayam yang sedang bertelur? Terima kasih atas jawabannya.

  5. Apakah Ada kandungan unsur lain Yang dimiliki Ayam betina sehingga bisa mengerami telur…misalnya bakteri dalam ragi Yang bersifat Panas apa bisa mengerami telur…saya mohon bantuannya Dan terima kasih

  6. Mohon Maaf saya agak bingung dengan pertanyaannya,mudah-mudahan bisa menjawab. Ayam yang sudah bertelur perlu dikawinkan lagi untuk antisipasi agar semua terbuahi.

    Sebaiknya telur diambil dulu, baru setelah mau mengeram telur2 dimasukkan untuk menghindari telur rusak apalagi ayam baru, biasanya masih belum adaptasi dengan kandang.

    Ayam kampung yang bertelur bisa diberi makan seperti biasa misal dedak, nasi dll,tetapi lebih bagus diberi makan seperti ayam petelur berupa campuran Konsentrat petelur, Jagung Giling dan Dedak. Hanya perlu diperhitungkan faktor ekonomisnya.

  7. gan klu ayam sudah di erami selama 4 hari,trus saya masukkan di mesin tetas telur apa langsung di bolak-balik telurnya apa gmn??apa gk papa tuh klu telur di pegang sering2 untuk di bolak balik…tolong dong pencerahannya….

  8. wah memang gampang-gampang susah netasin telur ayam, dierami 10 jadinya cuma 5 telur, hati-hati kurang diberi minum telurnya dimakan sama betinanya juga, mau keluar terus ngeramnya, jika badannya ingin stabil panasnya diberi makan gabah (padi)atau beras, tetapi memang pelung nggak mau ngeram, mungkin ngeremnya sama yang melihara kali, cobain aja bisa nggak

  9. bos knapa y ayam ane setiap mw ngerem sakit,trs ada yg lumpuh satu kakinya g mw ngerem sdh lewat 1mg telurnya pd koclak klw mw pake mesin msh bs netas g telurnya.makasih bos

  10. bro ayam pelung biar suara merdu hrs ksh makan apa trs klw mw bersihi tengorokannya harus pake belut utuh y dan ayam jago pelung ane jalu sdh panjang takut sm yg msh muda memangnya ayam pelung klw sdh penakut g bisa berani lagi y

  11. Saya ada 1 ayam jantan dan 1 ayam betina.Ayam betina itu bertelur di merata tempat.Ia juga tidak mengeram telurnya selama 2 hari.Saya mengambil telurnya dan masukkannya ke dalam sarang tetapi tidak juga mahu mengeram telurnya.Kelmarin saya lihat ada sebiji telur di dalam rebannya tetapi tidak diletakkan di dalam sarang.Hari ini masih juga sebiji telur.Macam mana?

  12. Master pejantanku ko’ ga pernh ngsi tlur slalu infertil, pdhal jantan seusianya udh ngsi bs netas, apakah mandul atau krg ftamin, ftmin apa atauada ramuan yg bagus agar kwltas tlur bs fertil normal? mksh

    1. Pada awal-awal mengeram biasanya ayam memang masih sering keluar sarang, memasuki minggu kedua intensitas keluar sarang makin jarang. Ketenangan saat mengeram juga penting jadi kalau mau dipisahkan tidak mengapa.

    1. Yang perlu dicek suhunya bukan besar lampu. Lebih baik lampu kecil2 misal 5 watt tapi tersebar daripada 15 watt tapi dalam satu titik, agar suhu bisa merata di semua ruangan mesin tetas. Kemungkinan telur sudah tidak bisa menetas.

    1. Ayam petelur bisanya agak susah dijodohkan apalagi sudah terlanjur tidak pernah campur dengan ayam lain, sedangkan jago bangkok memiliki kecenderungan berantem. Kalau mau jodohkan harus bertahap, pelan2 didekatkan kalau sudah tidak berantem baru dijadikan satu.

  13. ayamku menetas setelah hampir 2minggu ankanya mati”1bulan yang lalu juga begitu setelah menetas juga anaknya mati””apa karna ayamnya baru pertama kali netas apa gimana?soalnya ayamku yang udah menetas beberapa kali anaknya gk ada yang mati”’tolong kasih jawaban”’trimz

  14. pak, dari 12 telur yg dierami, 2 sdh menetas, 1 mati. 1 telur pecah. sisa 9 butir. tapi babonnya kok seperti stress, petarangannya dikais-kais sampai rusak. kenapa ya pak. lalu sisa telurnya masih bisa menetas tidak

    1. Kalau sudah dikasih toleransi sampai 23 hari tetap tidak menetas berarti hanya itu yang sukses. Kalu sudah mengais-ngais kemungkinan memang sudah ndak menetas. Indukan akan cenderung mencarikan makanan untuk anak-anaknya.

    1. Kalau ikut ngeram kemungkinan sudah bertelur, hanya tidak diketahui. Biar salah satu saja yang ngeram, kalau dierami 2 indukan biasanya malah pada rusak telur-telurnya.

  15. saya punya ayam betina bangkok yang sudah 22 hari tapi belum juga menetas,apakah telur gagal diproses pembuahan atau gagal diproses pengeraman ?sampai berapa hari lagikah saya tunggu pengeramannya ? terima kasih

  16. mas admin, nanya dong kenapa ya telur serama saya selalu gagal berkembang sudah 3 periode bertelur kejadian nya selalu sama,wkt umur kira2 1 minggu pengeraman sy teropong semua berisi, tapi setelah itu sepertinya embrio tidak berkembang,karena di umur 2 mingguan sy teropong lg kondisi hitam nya msh sama seperti 1 mggu yg lalu,hanya di tengah telur saja yg kelihatannya berisi, pengeraman di bantu oleh ayam kate, kenapa ya? apakah karena induk kurang vitamin, atau ada penyebab lain nya ya? semoga mas berkenan untuk memberikan balasan.dan sebelumnya sy ucapkan terima kasih mas admin.

    1. Banyak kemungkinannya al:
      1. Kualitas telur atau embrio kurang bagus, coba berikan makanan pada indukan dengan kandungan protein tinggi.
      2. Induk yang mengeram kurang optimal, misal sarang kurang nyaman, kurang alas, atau diganggu ayam lain.

      Coba upayakan hal-hal tersebut bisa maksimal.

  17. kang musim hujan ayam ane sakit smw obat apa yg bgs bwt mencegah penyakit terutama berak hijau,klw ayam pelung dgn ciri2 jenggernya jd hitam kebiru2an dan mulut klw busa itu obatnya apa ada kemungkinan g ayamnya bisa sembuh.makasih bwt akang yg baik

  18. makasih y kang,baru2 daerah ane ada lindu atw gempa kecil menurut mitos klw ada gempa ayam yg ngerem g bakalan netes krn kena getaran pada telurnya benar g kang mitos itu masalahnya ayam ane lg gerem 2mgg

Leave a Reply