Mengapa Telur Ayam Tidak Menetas

TELUR AYAM TIDAK MENETAS — Pertanyaan yang sering dialami oleh para peternak ayam yang masih awam adalah masalah mengapa telur ayam tidak mau menetas. Atau jika menetas tidak bisa 100%. Sebagai contoh ayam yang mengerami 10 butir telur , kadang bisa menetas semuanya, kadang 8 ekor, 6 ekor bahkan tidak satupun telur yang menetas. Pada semua jenis unggas sebenarnya penyebabnya dapat ditelusur dari berbagai macam sebab. Misalnya saja penetasan ayam pelung, ayam bangkok, atau ayam kampung biasa.

Syarat Telur Ayam Menetas

Secara normal telur ayam akan menetas dalam waktu 21 hari pengeraman. Syarat utama telur ayam bisa menetas adalah jika telur tersebut fertil atau dibuahi oleh ayam jantan. Ayam betina pada dasarnya tetap akan menghasilkan telur, meski tidak ada pejantan lihat saja di peternakan ayam petelur. Mereka justru tidak diberikan pejantan untuk efisiensi pakan. Namun telur-telur tersebut tidak akan menetas karena tidak dibuahi oleh pejantan. Untuk bisa menetas, ayam betina harus dikawin oleh ayam jantan. Untuk menghasilkan anakan ayam yang unggul perlu dilakukan perkawinan ayam yang dipilih indukannya secara cermat.

Dalam masa pengeraman tersebut diperlukan kondisi-kondisi ideal supaya telur ayam bisa menetas. Kondisi ideal tersebut adalah suhu pengeraman yang sesuai antara 36 sampai 39 derajat celcius. Pada saat telur ayam dierami oleh induknya, suhu tubuh ayam berkisar antara suhu tersebut sehingga telur akan menetas. Pada penetasan telur ayam dengan mesin penetas suhu ruang penetasan bersumber dari lampu dan dikontrol oleh termostat.

mentaskan-telur-ayam

Menetaskan Telur Ayam Alami

Faktor lain yang mempengaruhi telur ayam menetas adalah faktor kelembaban udara di ruang penetasan/pengeraman , untuk ayam berkisar antara 50% sampai dengan 65%. Kondisi kelembaban perlu ditingkatkan menjelang telur menetas, untuk mempermudah telur menetas. Induk ayam yang mengerami telurnya akan mengeluarkan keringat yang membuat kelembaban mencapai kondisi ideal. Pada mesin tetas perlu diberikan baki yang diisi air untuk menciptakan kelembaban ruang penetasan.

Selain itu setiap bagian dari telur harus mendapatkan panas yang merata. Jika diperhatikan, ayam yang mengeram selalu memindah-mindahkan telur yang dierami dengan paruhnya. Ini dilakukan agar seluruh bagian telur mendapatkan panas yang merata. Menetaskan telur ayam dengan mesin tetas perlu dilakukan membolak-balik telur ayam beberapa kali sehari. Frekuensi membolak-balik telur akan mempengaruhi persentase penetasan.

Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas

Untuk menjawab pertanyaan mengapa telur ayam tidak menetas, kita bisa merunut dari berbagai syarat yang harus dipenuhi agar telur ayam menetas. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu kita cari jawabannya:
1. Apakah ada pejantan? Jika ada apakah sudah cukup usianya? Usia ayam yang terlalu muda atau terlalu tua biasanya kurang subur sehingga mempengaruhi daya tetas telur. Makanan ayam juga berpengaruh terhadap kesuburan telurnya sehingga mempengaruhi daya tetas. Untuk meningkatkan daya tetas, berikan makanan yang mengandung banyak protein. Untuk mengetahui apakah telur ayam fertil/subur/ada benihnya atau tidak, setelah dierami kurang lebih 4 hari terawang telur dengan lampu yang cukup terang. Telur fertil akan ditemukan noda merah bulat di dalam telur, lama kelamaan semakin besar membentuk semacam akar. Sedangkan telur yang bening, bisa dipastikan tidak akan menetas.

2. Apakah suhu pengeraman sudah sesuai, ini biasanya jika kita menetaskan pada mesin tetas. Suhu yang fluktuatif karena salah set termostat atau banyak kebocoran pada mesin tetas biasanya akan mengakibatkan telur tidak menetas. Pada ayam yang mengeram,jika banyak terganggu ayam lain atau manusia juga akan mempengaruhi kestabilan suhu dan kelembaban sehingga telur menetas hanya sedikit. Pada musim tertentu ada kutu yang sering hinggap pada ayam mengeram, ini mengganggu konsentrasi ayam mengeram sehingga daya tetas menurun.

3. Rasio ayam jantan dan betina, idealnya rasio ayam jantan betina indukan 1 jantan dan 6 betina. Pada ayam arab bisa mencapai 1 jantan 8 betina. Rasio yang terlalu besar , misalnya 1 jantan 15 betina akan menurunkan daya tetas telur,karena ayam jantan tidak mampu mengawini semua betina. Dalam rasio yang banyak , bisa jadi ada ayam betina yang tidak dikawin oleh ayam jago.

4. Telur Ayam Terlalu Lama disimpan

Waktu penyimpanan telur juga akan berpengaruh pada daya tetas telur. Semakin lama telur disimpan daya tetas telur akan semakin menurun. Agar menetas dengan baik, sebaiknya telur ayam segera dierami sebelum satu minggu,

Banyak sebab mengapa telur ayam tidak mau menetas, agar penetasan berjalan dengan baik dan sempurna. Semua kondisi harus terpenuhi dengan baik.Selamat mencoba.

95 Responses to Mengapa Telur Ayam Tidak Menetas

  1. naruma says:

    adakah alat yang bisa memprediksi telur itu menetas / tidak?

    admin Reply:

    Sebenarnya ada cara sederhana untuk melihat kemungkinan telur akan menetas atau tidak, sediakan lampu yang cukup terang yang dimasukkan ke dalam corong/pipa/gulungan karton atau apa saja, semacam teropong. Terawang telur yang sudah dierami minimal 2 hari pada teropong tersebut, saat meneropong usahakan ruangan gelap hanya lampu teropong saja yang menyala agar jelas terlihat. Telur yang ada embrio dan akan menetas akan terlihat ada bintik hitam dan seiring waktu pengeraman akan makin besar, kemudian terlihat merah seperti akar yang tumbuh, lama kelamaan makin besar hingga akhirnya hitam semua tidak terlihat karena anak ayam sudah berkembang. Telur yang tidak menetas dari awal akan terlihat bening meski sudah dierami beberapa hari, sebaiknya segera singkirkan karena sia-sia saja. Selamat mencoba.

  2. M. Wijianto says:

    Tolong bagaimana caranya mengetes telur yang sudah dierami satu minggu, bisa menentukan besuk bisa menetas atau tidak. makasih sebelumnya.

    admin Reply:

    Coba sediakan lampu yang cukup terang dan teropong. Saat malam coba diterawang itu telur, jika ada benih akan tampak bulatan merah/hitam dan umur seminggu mulai tumbuh kayak akar dari bulatan hitam.merah tersebut. Kalau bening tanpa bulatan , telur tidak akan menetas. Selamat mencoba.

  3. intan ps says:

    apakah baik bila lampu pemanas diletakkan di dekat penampungan air?

    admin Reply:

    Sejauh ini kami belum pernah pak. Tapi menurut kami kok lebih baik tetap di atas.

  4. jarot says:

    saya coba netaskan telur ayam bangkok. setelah 21 hari telur lberlobang trus keluar paruh. tak tunggu seharian gak menetas menetas. tak bantu kupas telurnya, eee ternyata belum utuh semuanya. jantungnya masih kelihatan. and darah pada keluar. setelah beberapa jam mati. ini karena apa ya? suhu yg salah apa kelembaban yg salah apa mutarnya kurang miring

    admin Reply:

    Jangan dikelupas, biasanya akan pecah sendiri jika normal. Tetapi jika cangkang terlalu keras, suhu kurang tinggi atau kelembapan kurang akan sulit pecah dan akhirnya mati.

  5. triwar says:

    induk ayam kok tidak terlalu sering mengerami kenapa ya?… jadi mngerami lalu lepas lagi… itu telurnya kira2 jadi apa gak ya, supaya induk ayam terus mau mengerami dikasih apa ya ?…

    admin Reply:

    Di awal-awal masa mengeram biasanya ayam masih sering keluar sarang untuk makan dll, setelah seminggu dan selanjutnya frekuensi keluar sarang semakin jarang bahkan tidak keluar sarang beberapa hari. Asal keluar sarangnya tidak terlalu lama ndak masalah, telur tetap bisa menetas.

  6. maw says:

    Ayam sy sdh berkali kali gagal menetaskan terlurnya, dia sering keluar kandang untuk makan, n kata ibuk sy telur2 yg sering dipegang bs menyebabkan gagal netas kl g dipegang / dicek ntar ada telur yg busuk tdk tahu.? Bagaiman itu ya pak.?

    admin Reply:

    Mungkin tempat mengeram kurang nyaman bisa juga pejantan kurang bagus. Dierawang saja saat 1 minggu,yg tidak ada embrio diambil,hg ada embrio biarkan dierami sampai 21 hari.

  7. ruslan says:

    Pakar Ayam Yth.
    Saya beli ayam kampung babon. Sehari kemudian langsung bertelur. Apakah ayam yang baru bertelur sebutir masih membutuhkan “kawin” lagi beberapa kali dengani ayam jago?
    Apabila si betina yg sedang bertelur langsung ∂ί masukan kedalam box lengkap dengan “petarangannya” (tempat bertelur dan mengeram) dan makanan tersedia, apakah akan bisa terus bertelur dan mengerami? Karena ayam baru maka saya tidak berani melepas begitu saja.
    Apa makanan yang bagus bagi ayam yang sedang bertelur? Terima kasih atas jawabannya.

  8. most says:

    kalau 2 betina mengerami 1 sarang yg sm bs menetas tdk ya pak telurnya??

    admin Reply:

    Mendingan dipisah atau salah satu saja. Biasanya akan saling berebut sehingga telur rusak dan tidak menetas.

  9. Tugiyo says:

    kalau ada telur di petarangan yang pecah, apakah telur – telur yang lain yang masih dierami bisa menetas ngak ya….

    admin Reply:

    Masih Bisa telur-telur tersebut asal fertil

  10. fitra says:

    Apakah Ada kandungan unsur lain Yang dimiliki Ayam betina sehingga bisa mengerami telur…misalnya bakteri dalam ragi Yang bersifat Panas apa bisa mengerami telur…saya mohon bantuannya Dan terima kasih

    admin Reply:

    Sepengetahuan saya tidak ada kaitannya dengan bakteri.Hanya suhu dan kelembaban saja.

  11. ruslan says:

    Punya saya dijawab dong Gan…..

  12. admin says:

    Mohon Maaf saya agak bingung dengan pertanyaannya,mudah-mudahan bisa menjawab. Ayam yang sudah bertelur perlu dikawinkan lagi untuk antisipasi agar semua terbuahi.

    Sebaiknya telur diambil dulu, baru setelah mau mengeram telur2 dimasukkan untuk menghindari telur rusak apalagi ayam baru, biasanya masih belum adaptasi dengan kandang.

    Ayam kampung yang bertelur bisa diberi makan seperti biasa misal dedak, nasi dll,tetapi lebih bagus diberi makan seperti ayam petelur berupa campuran Konsentrat petelur, Jagung Giling dan Dedak. Hanya perlu diperhitungkan faktor ekonomisnya.

  13. ruslan says:

    Makasih atas pencerahannya.

  14. GALIH says:

    KALAU AYAM BETINA ITU SERING MEMAKAN TELURNYA ITU KENAPA YA DAN SOLUSINYA GIMANA

    admin Reply:

    Kasih makan yg segar2 dan cukup minum

  15. rajib says:

    gan klu ayam sudah di erami selama 4 hari,trus saya masukkan di mesin tetas telur apa langsung di bolak-balik telurnya apa gmn??apa gk papa tuh klu telur di pegang sering2 untuk di bolak balik…tolong dong pencerahannya….

    admin Reply:

    Kalau sudah dierami 4 hari justru harus dibolak balik,ndak masalah dipegang tangan

  16. rajib says:

    gan klu pejantannya ayam kampung trus betinanya ayam potong atau pedanging kira2 hasilnya ayam apa gan….kira2 bagus gak??

    admin Reply:

    Anaknya kombinasi keduanya,biasanya ayamnya gede2

  17. jimi roy says:

    wah memang gampang-gampang susah netasin telur ayam, dierami 10 jadinya cuma 5 telur, hati-hati kurang diberi minum telurnya dimakan sama betinanya juga, mau keluar terus ngeramnya, jika badannya ingin stabil panasnya diberi makan gabah (padi)atau beras, tetapi memang pelung nggak mau ngeram, mungkin ngeremnya sama yang melihara kali, cobain aja bisa nggak

  18. dafifa says:

    bos knapa y ayam ane setiap mw ngerem sakit,trs ada yg lumpuh satu kakinya g mw ngerem sdh lewat 1mg telurnya pd koclak klw mw pake mesin msh bs netas g telurnya.makasih bos

    admin Reply:

    Kemungkinan ayam anda sakit atau tidak fit, Berikan tambahan vitamin dan pengobatan. Telur koclak sudah tidak bisa menetas.

  19. dafifa says:

    gan knapa ayam ane jarak nelurnya lama kdng 4hr br nelur dan pernah nelur cuma 3btr sdh g mw nelur lg ampe sekarang.sebenarnya jarak antara telur itu brp hr y,

    admin Reply:

    Tergantung ayamnya bos, rata-rata ayam kampung 2-3 hari nelur satu hari istirahat, sampai telur mencapai 10-15 dan kemudian mengeram.

  20. dafifa says:

    masbro knpa ayam ketawa ane nelornya cuma 3btr aja trs ga mw nambah lagi

  21. dafifa says:

    bro ayam pelung biar suara merdu hrs ksh makan apa trs klw mw bersihi tengorokannya harus pake belut utuh y dan ayam jago pelung ane jalu sdh panjang takut sm yg msh muda memangnya ayam pelung klw sdh penakut g bisa berani lagi y

  22. Fakrulnizam says:

    Saya ada 1 ayam jantan dan 1 ayam betina.Ayam betina itu bertelur di merata tempat.Ia juga tidak mengeram telurnya selama 2 hari.Saya mengambil telurnya dan masukkannya ke dalam sarang tetapi tidak juga mahu mengeram telurnya.Kelmarin saya lihat ada sebiji telur di dalam rebannya tetapi tidak diletakkan di dalam sarang.Hari ini masih juga sebiji telur.Macam mana?

  23. fany says:

    pak, kalo telur ayam serama di erami nya didalam kardus dikasih daun pisang sm bohlam bisa netas ga…? trmksh

    admin Reply:

    Sebenarnya bisa saja , asala suhu dan kelembaban memenuhi syarat. Tapi saya kurang Yakin.

  24. matt says:

    min,ayamku mo ngeram mati,telurny 10 tak tetasin pake lampu 15w bs netas g ya

    admin Reply:

    Asal Suhu,kelembaban memenuhi syarat dan embrio ayam belum mati bisa saja.

  25. KokoMahfudilintangdesain Abi Fulan says:

    Master pejantanku ko’ ga pernh ngsi tlur slalu infertil, pdhal jantan seusianya udh ngsi bs netas, apakah mandul atau krg ftamin, ftmin apa atauada ramuan yg bagus agar kwltas tlur bs fertil normal? mksh

    admin Reply:

    Umur berapa kang? Kalau masih muda tunggu saja mungkih belum siap. Kasih Tkuning telur dan Madu atau kecambah

  26. dafifa says:

    kang biar suara ayam pelung merdu hrs kita masukin belut kemulutnya bener ga caranya itu,trs klw dalam telur ada 2buah kuning bisa netas atw g.makasi

    admin Reply:

    Belut bisa membersihkan lendir di tenggorokan jadi suara lebih bening. Kalau kuning telur ada dua kemungkinan netas sangat kecil

  27. dina says:

    pak, ayam sy sdh bertelur 12, dan sdh mulai mengeram 2 hr. Tp msh sering keluar sarang.apa perlu penjantannya dipisahkan sementara? biar betinanya tenang

    admin Reply:

    Pada awal-awal mengeram biasanya ayam memang masih sering keluar sarang, memasuki minggu kedua intensitas keluar sarang makin jarang. Ketenangan saat mengeram juga penting jadi kalau mau dipisahkan tidak mengapa.

  28. adi says:

    Kenapa telur di mesin penetas saya gk prnah menetas… Padahal di dalamnya ada benihnya tapi gk bisa menetas

    admin Reply:

    Cek suhu dan kelembabannya Pak? Periksa juga apakan telur sering dibolak-balik minimal 2 kali dalam sehari?

  29. Kasrun says:

    Bagaimana cara agar ayam mau menggerami??

    admin Reply:

    Asal sudah selesai masa bertelur ayam kampung cenderung punya naluri mengeram, apalagi jika telur-telur tidak diambil dari sarangnya.

  30. matt says:

    min,telur ayamku yg tak tetasin pake lampu 15w,udh 21hari g netas knp ya,kurang panas ato kurang kelembapan?,tak cek di air ngapung smua gmn min kira2 bs netas g ya?

    admin Reply:

    Yang perlu dicek suhunya bukan besar lampu. Lebih baik lampu kecil2 misal 5 watt tapi tersebar daripada 15 watt tapi dalam satu titik, agar suhu bisa merata di semua ruangan mesin tetas. Kemungkinan telur sudah tidak bisa menetas.

  31. Fajar says:

    Pak kenapa ya telur itik ku udah 28 hari belum menetas,.udah ada yg retak tp retak’y s’gitu2 ja pdahal udah dri kmarn retak’y..

    admin Reply:

    Tunggu sekitar 2 hari, dibantu dengan menyemprotkan air hangat-hangat kuku ke telur, untuk menambah kelembaban dan cangkang lebih mudah pecah

  32. matt says:

    mksh infonya min,tp di smua telurnya tu ad titik hitamnya,klo tak senter agak gelap2 gtu sayang bngt lo g netas! induk dan pejantanny bagus

  33. kikiw says:

    Pak mesin penetas yang sudah menyalah selama 6 hari apa masih bisa di masukan telur baru lagi? Tolong infonya pak

    admin Reply:

    Bisa saja, tapi lebih baik seragam waktunya karena 3 hari pertama sebaiknya mesin tetas tidak dibuka2.

  34. dafifa says:

    kang knpa ayam bangkok ane nelornya cuma 1aja ampe skrng g nelor lagis lebih 2minggu stop g nambah lagi,tolong ksh penjelasan y kang soalnya babon2 ane nelurnya g teratur

    admin Reply:

    Nelor yang pertama apa udah yang ke sekian kali? kalau baru pertama biasanya begitu. Beri makanan yang bergizi untuk ayam petelur.

  35. dafifa says:

    kang biar ayam rajin nelor dan teratur nelornya makanannya apa biar ayam jd subur

    admin Reply:

    Konsentrat petelur, atau bisa tepung ikan,kedelai,kacang ijo.

  36. adrian says:

    gan…apakah telor2 yg retak masih bisa jadi?

    admin Reply:

    Kemungkinan besar sudah tidak bisa menetas

  37. dafifa says:

    kang klw ayam kita kasih egg stimulant ke mulutnya boleh g,ada efeklnya g

    admin Reply:

    Campurkan minuman saja, egg stimulant membantu produktivitas telur ayam, tapi juga perlu diberi asupan gizi yang cukup

  38. juliko says:

    pak ko ayam jantan bangkok saya dijodohin ama ayam petelur malah beantem gak mau kawin?

    admin Reply:

    Ayam petelur bisanya agak susah dijodohkan apalagi sudah terlanjur tidak pernah campur dengan ayam lain, sedangkan jago bangkok memiliki kecenderungan berantem. Kalau mau jodohkan harus bertahap, pelan2 didekatkan kalau sudah tidak berantem baru dijadikan satu.

  39. pradita radit wicaksono says:

    ayamku menetas setelah hampir 2minggu ankanya mati”1bulan yang lalu juga begitu setelah menetas juga anaknya mati””apa karna ayamnya baru pertama kali netas apa gimana?soalnya ayamku yang udah menetas beberapa kali anaknya gk ada yang mati”’tolong kasih jawaban”’trimz

    admin Reply:

    Mungkin tulisan ini http://ternakayampelung.com/perawatan-ayam-pelung/cara-memelihara-anak-ayam bisa membantu

  40. Alif says:

    Saya menetaskan telur suhu 42’c selama 1 jam. Kira2 mati gak y gan? Tadiny udah dierami indukny 1 minggu

    admin Reply:

    Suhu terlalu tinggi, potensi kematian cukup tinggi. Biar lebih mantep tunggu saja sampai 21 hari tetapi suhu diturunkan hingga 38 derajat celcius

  41. dina says:

    pak, dari 12 telur yg dierami, 2 sdh menetas, 1 mati. 1 telur pecah. sisa 9 butir. tapi babonnya kok seperti stress, petarangannya dikais-kais sampai rusak. kenapa ya pak. lalu sisa telurnya masih bisa menetas tidak

    admin Reply:

    Kalau sudah dikasih toleransi sampai 23 hari tetap tidak menetas berarti hanya itu yang sukses. Kalu sudah mengais-ngais kemungkinan memang sudah ndak menetas. Indukan akan cenderung mencarikan makanan untuk anak-anaknya.

  42. dafifa says:

    kang knpa babon ane ngangu ereman ayam lain dan ikut ngerem jg tapi dianya belum nelor sama sekali,ada apa dgn babon ane y kang,makasih sesudah tlh dibalas

    admin Reply:

    Kalau ikut ngeram kemungkinan sudah bertelur, hanya tidak diketahui. Biar salah satu saja yang ngeram, kalau dierami 2 indukan biasanya malah pada rusak telur-telurnya.

  43. dina says:

    penyebabnya apa y pak. karena sblmny jg sdh pernah bertelur dan menetas banyak. dan jg telurny mash dierami sampai sekarang.

  44. wawan says:

    Gan sya punya ayam yg sedang mengeram seminggu kemudian bertlur lagi,apakah telur yg terakhir bisa mnetas,,,?

    admin Reply:

    Kemungkinan bisa, asal Fertil dan dierami dengan baik

  45. dafifa says:

    kang apa betul klw telur ke1sampe3 ga bakalan netes br yg ke4 bisa netes terutama ayam ketawa,makasih

    admin Reply:

    Sepengetahuan saya kok tidak begitu,asal dibuahi bisa menetas

  46. FIKAR says:

    saya punya ayam betina bangkok yang sudah 22 hari tapi belum juga menetas,apakah telur gagal diproses pembuahan atau gagal diproses pengeraman ?sampai berapa hari lagikah saya tunggu pengeramannya ? terima kasih

    admin Reply:

    Kalau sudah 23 hari ndak menetas berarti sudah tidak ada harapan.Mestinya sejak minggu2 awal diterawang biar ketahuan apa telur fertol apa tidak.

  47. juliko says:

    punya saya dijawab dong

  48. dafifa says:

    kang apa benar klw msim kemarau telur bnyk g netes krn telur jd pns

  49. dafifa says:

    kang begini klw telur ayam yg tdk netes tp tdk koclak kita eremi ke ayam lain ada kemungkinan g bisa netes lagi,makasih atas pengetahuannya

    admin Reply:

    Diteropong saja dulu, tapi kemungkinan tidak bisa menetas

  50. sabarto says:

    Tolong mesin penetas telur ayam yg kwalitas bagus, untuk yg OTOMATIS maupun yg TIDAK OTOMATIS, belinya dimana ? Terimakasih.

    admin Reply:

    Kalau yang non otomatis banyak dijual di PS Pak, kalau yang full otomatis agak susah. Silahkan yang ada info

  51. ambar says:

    mas admin, nanya dong kenapa ya telur serama saya selalu gagal berkembang sudah 3 periode bertelur kejadian nya selalu sama,wkt umur kira2 1 minggu pengeraman sy teropong semua berisi, tapi setelah itu sepertinya embrio tidak berkembang,karena di umur 2 mingguan sy teropong lg kondisi hitam nya msh sama seperti 1 mggu yg lalu,hanya di tengah telur saja yg kelihatannya berisi, pengeraman di bantu oleh ayam kate, kenapa ya? apakah karena induk kurang vitamin, atau ada penyebab lain nya ya? semoga mas berkenan untuk memberikan balasan.dan sebelumnya sy ucapkan terima kasih mas admin.

    admin Reply:

    Banyak kemungkinannya al:
    1. Kualitas telur atau embrio kurang bagus, coba berikan makanan pada indukan dengan kandungan protein tinggi.
    2. Induk yang mengeram kurang optimal, misal sarang kurang nyaman, kurang alas, atau diganggu ayam lain.

    Coba upayakan hal-hal tersebut bisa maksimal.

  52. dafifa says:

    kang musim hujan ayam ane sakit smw obat apa yg bgs bwt mencegah penyakit terutama berak hijau,klw ayam pelung dgn ciri2 jenggernya jd hitam kebiru2an dan mulut klw busa itu obatnya apa ada kemungkinan g ayamnya bisa sembuh.makasih bwt akang yg baik

    admin Reply:

    Untuk berak hijau bisa dilihat di postingan ini:
    http://ternakayampelung.com/obat-dan-penyakit/waspada-penyakit-berak-hijau-pada-ayam

    Kemungkinan kena Snot, ada banyak obat dengan berbagai merek di toko. Bisa sembuh asal telaten

  53. dafifa says:

    makasih y kang,baru2 daerah ane ada lindu atw gempa kecil menurut mitos klw ada gempa ayam yg ngerem g bakalan netes krn kena getaran pada telurnya benar g kang mitos itu masalahnya ayam ane lg gerem 2mgg

  54. dafifa says:

    kang knapa g dibales posting ane,gini kang knpa ayam ane telur sdh banyak tp g mw ngerem apa ada obat agar ayam mw ngerem,tolong ksh tw

  55. Adi says:

    Msi gan numpang tanya saya menetaskan telur ayam kampung pada hari ke 21 telur mengeluarkan cairan yg brbau asin apa tndanya telur akan menetas/sbaliknya?mksh

Leave a Reply