Menghasilkan Anak Ayam Pelung Berkualitas

ANAK AYAM BERKUALITAS — Bibit anak ayam yang berkualitas berpengaruh besar terhadap produktivitas ayam selanjutnya. Ayam kampung biasanya dipelihara oleh peternak dengan tidak memperhatikan aspek-aspek kualitas DOC (Day Old Chicken), sehingga kualitas produksi kurang bisa maksimal. Ditambah lagi dengan model pemeliharaan yang asal-asalan akan semakin membuat ternak ayam kampung tidak ekonomis. Agar ternak ayam kampung lebih bernilai ekonomis, baik sebagai pedaging ataupun petelur ada baiknya memperhatikan kualitas bibit semenjak dini.

Ada banyak keuntungan yang diperoleh apabila kita memelihara ayam kampung dengan DOC dengan kualias baik. Diantara keuntungannya adalah daya hidup tinggi, daya tahan yang optimal, feed konversi yang lebih baik, dan pertambahan berat badan yang lebih baik. Dengan kelebihan tersebut akan berdampak terhadap nilai jual, biaya pakan akan lebih rendah, dan panen akan sesuai target.
Untuk keperluan breeding dan layer performance pullet yang optimal akan menghasilkan periode produksi yang maksimal. Secara umum DOC yang berkualitas prima dapat didefinisikan sebagai anak ayam yang berpotensi mempunyai peformance terbaik seperti yang telah disebutkan diatas.

Cara Menghasilkan Bibit Ayam Yang Baik

Agar bibit ayam yang dihasilkan memiliki kualitas-kualitas yang unggul, ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:
1. Indukan Yang Berkualitas
Induk yang berkualitas merupakan salah satu unsur penting dalam menghasilkan anakan ayam yang berkualitas, pilih indukan yang bagus dan berkualitas unggul.
2. Usia Indukan yang cukup
Jangan menggunakan indukan ayam yang terlalu muda atau terlalu tua. Indukan ayam yang terlalu muda ataupun tua tidak baik digunakan sebagai penghasil bibit ayam.

3. Grading Telur
Grading telur tetas dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan dan menginkubasi telur yang berkualitas baik . Afkir dan buang telur yang tidak sesuai standar untuk ditetaskan. Telur yang tidak sesuai dengan standar yakni kotor, retak, ukurannya kecil (sesuai standar berat HE), telur sangat besar atau double yolk (double kuning), kerabang yang jelek, serta bentuknya tidak bagus.

Lama penyimpanan telur juga perlu diperhatikan, telur tidak boleh disimpan terlalu lama. Waktu penyimpanan maksimal 7 hari. Pada saat disimpan posisi telur bagian yang runcing berada pada bagian atas.

2 Responses to Menghasilkan Anak Ayam Pelung Berkualitas

  1. Muh. Panji Mustopa says:

    terima kasih sebelumnya atas artikelnya. saya mau bertanya tentang bagaimana cara memilih DOC Ayam Pelung yang baik yang dalam hal ini nantinya DOC yang dipilih diharapkan bisa menjadi Ayam Pelung dengan kualitas yang baik (untuk kepentingan kontes)

    admin Reply:

    Tentunya yg dipilih adalah doc yg sehat dan tidak cacat.untuk kualitas kontea,pilih doc dari indukan yg kualitasnya kelas kontes.

Leave a Reply

You might also likeclose