Merawat Ayam Pelung: Manfaat Menjemur Ayam

MENJEMUR AYAM — Perawatan dan latihan pada ayam pelung sangat diperlukan untuk meningkatkan performa dan kualitasnya. Ayam Pelung yang sudah berusia 7 bulan biasanya sudah mulai belajar berkokok, ada juga yang kurang dari usia tersebut sudah mulai belajar berkokok. Namun pada usia tersebut biasanya pertumbuhan organ-organ tertentu belum sempurna, termasuk yang berkaitan dengan kokoknya. Seiring dengan pertambahan usia oragan tubuh akan berkembang dan kokok akan semakin panjang, bersih, nyaring dan merdu.

Untuk mengoptimalkan perkembangan dan kualitas kokoknya , pada usia 7 bulan tersebut ayam pelung perlu mendapat perlakuan khusus. Apalagi jika kita ingin ayam pelung diikutsertakan dalam kontes. Selain memberikan makanan yang bergizi, program latihan juga perlu dilakukan pada ayam pelung. Salah satu program latihan dalam merawat ayam pelung adalah menjemur pada terik matahari.

Manfaat Menjemur Ayam Pelung

Program penjemuran ayam pelung bisa dilakukan dengan terlebih dahulu memandikannya, namun untuk memandikan tidak perlu tiap hari. Menjemur ayam pelung memiliki beberapa manfaat untuk ayam pelung antara lain:

  •   Membersihkan kotoran yang menempel pada badan ayam, kotoran yang menempel pada ayam bisa menimbulkan penyakit dan mengurangi performa ayam. Memandikan dan menjemur ayam akan menghilangkan kotoran sehingga ayam lebih sehat.
  • Membantu pertumbuhan bulu dan tulang. Sinar matahari pagi memiliki pro vitamin D yang akan diolah menjadi vitamin D pada tubuh ayam. Vitam D inilah yang berfungsi dalam pertumbuhan bulu dan tulang. Pertumbuhan bulu dan tulang yang sehat akan membuat ayam menjadi lebih indah dan kuat fisiknya.
  • Membunuh Kuman yang menempel pada bulu dan tubuh ayam. Matahari pagi bermanfaat dalam membunuh kuman dan penyakit yang menempel pada bulu dan tubuh ayam, sehingga ayam lebih sehat dan kondisi prima.
  • Memperbaiki peredaran darah, sinar matahari akan menjadikan peredaran darah ayam lebih lancar sehingga ayam lebih sehat.
  • Menghilangkan timbunan lemak di bawah kulit dan memperkuat otot, berkuraqngnya lemak ini dikarenakan banyaknya energi yang dibutuhkan untuk mengeringkan tubuh ayam.
  • Memperpanjang nafas dan menguatkan fisik ayam. Pada saat ayam dijemur ayam dilatih untuk berada pada kondisi kritis atau panas. Saat panas tersebut kerja paru-paru dan jantung menjadi lebih sempurna.
  • Untuk Ayam pelung kontes menjemur bermanfaat dalam membiasakan ayam dengan situasi di lapangan, sehingga saat dibawa lomba masih tetap bisa berkokok dengan maksimal.

Cara Menjemur Ayam

Dalam menjemur ayam waktu yang baik adalah mulai jam 7 pagi hingga jam 10.00. Setelah jam 10.00 kandungan pro vitamin D pada sinar matahari sudah hilang, sehingga kurang bermanfaat, kecuali melatih tahan fisik saat panas. Menjemur ayam dilakukan dengan meletakkan ayam pada kurungan atau bisa juga ajeng yang terkena matahari langsung.

Lakukan penjemuran secara bertahap. Jika ayam belum pernah dijemur, jemur dalam waktu yang tidak terlalu lama, misalnya 10 menit atau 15 menit terlebih dahulu. Hari berikutnya bisa ditambah jika sudah cukup bisa beradaptasi. Lakukan penambahan secara bertahap dari hari ke hari. Tanda-tanda ayam kepanasan adalah mulut terbuka seperti megap-megap dan sayap dikembangkan.

Jika ayam sudah biasa dijemur dan tahan terhadap panas matahari, maka fisik ayam menjadi lebih kuat dan sehat. Dengan demikian performa ayam akan meningkat dan berkembang secara optimal. Kuncinya adalah ketelatenan. Kukuruyuuuuuuuuuuuuukk…!

6 Responses to Merawat Ayam Pelung: Manfaat Menjemur Ayam

  1. irpan says:

    bagaimana cara mengobati ayam saya yang lumpuh/susah untuk berjalan.

    admin Reply:

    Lumpuh banyak sebabnya, maka untuk mengobatinya harus dicari penyebabnya baru diberikan pengobatan. Mungkin URL ini bisa membantu http://ternakayampelung.com/obat-dan-penyakit/seputar-lumpuh-pada-ayam-pelung

    Wassalam.

  2. Cak Nik says:

    ayam saya lama bunyinya kurang dari 5 detik, bagaimana meningkatkan menjadi 10 detik ? mohon advisnya

    admin Reply:

    Kalau memang ada keturunan kokok Panjang, jaga kesehatan dan makanan serta latihan fisik meliputi penjemuran, mandi dll

  3. Cak Nik says:

    mohon info, bagaimana menjadi komunitas ayam pelung

    admin Reply:

    Join saja di FB Ayam Pelung Mania atau Forum Regional lain Ayam pelung , banyak kok

Leave a Reply

You might also likeclose