Ternak Ayam Pelung Potensi Ayam Kampung Unggul

Ternak Ayam Pelung Potensi Ayam Kampung Unggul

pelung-ayam-unggul

TERNAK AYAM PELUNG — Ayam pelung merupakan salah satu jenis ayam ras asli Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Ayam pelung merupakan salah satu jenis ayam kampung khas Indonesia. Seperti diketahui daging ayam kampung kini menjadi primadona yang kian poluler di tengah masyarakat kita.  Hal ini didasarkan pada kesadaran masyarakat masyarakat modern yang cenderung  semakin menghindari konsumsi daging seperti ayam broiler dan beralih ke ayam kampung . Ayam kampung  dianggap lebih higienis dan memiliki cita rasa yang lebih baik. Agar bernilai ekonomis tinggi dalam ternak ayam kampung harus dipilih ayam kampung jenis ayam yang unggul. Ayam pelung merupakan salah satu alternatif ayam kampung unggul untuk dibudidayakan. Salah satu keunggulan ayam pelung adalah pertumbuhan yang cepat dan berat badan yang lebih berat dibandingkan ayam kampung lainnya.

Ayam Pelung Tumbuh Lebih Cepat

Sebagai salah satu jenis Ayam Kampung Unggul, nampaknya ayam pelung belum digarap secara maksimal oleh para peternak. Peternakan ayam pelung sampai saat ini lebih banyak didominasi untuk keperluan hobi dan sebagai ayam hias. Kebanyakan penggemar ayam pelung menikmati kokoknya yang indah. Untuk berorientasi pada daging belum banyak yang menekuninya, padahal ayam pelung punya potensi keunggulan di aspek ini.

Potensi peternakan ayam pelung sebagai sumber daging ayam kampung juga tidak kalah menjanjikan keuntungannya. Ayam pelung bisa menjadi alternatif sumber bibit ayam kampung unggul, yang cepat pertumbuhannya untuk diambil daginnya. Setidaknya ada beberapa alasan diantaranya adalah pasar untuk hobis dan ayam hias memiliki ceruk pasar yang lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan konsumsi. Kebutuhan konsumsi daging ayam kampung diperlukan hampir setiap orang. Sehingga pasar yang kedua ini lebih terbuka lebar.

 

Alasan yang kedua adalah tidak setiap ayam pelung yang diternakkan dan dibudidayakan memiliki kualitas yang sesuai dengan kriteria dalam kontes ayam pelung, sehingga ayam pelung yang tidak masuk dalam kategori ini harganya tidak akan bisa terdongkrak naik terlalu significant.

pelung-ayam-unggul

Ayam Pelung Berpotensi Menjadi Ayam Unggul

Ayam Pelung Jenis Ayam Unggul

Kebutuhan bibit ayam pedaging di Indonesia memang masih mengandalkan import dari luar negeri, jika ayam pelung ini bisa dioptimalkan tentu akan menjadi submer bibit ayam kampung pedaging unggul yang menguntungkan. Berdasarkan penelitian tidak hanya ayam pelung saja yang lebih cepat pertumbuahnnya, silangan ayam pelung dengan ayam kampung juga lebih cepat pertumbuhan  berat badannya.

Bagi peternak ayam pelung yang sudah cukup besar, hasil ternakan ayam pelung selalu dipilih berdasarkan grade kualitas. Ayam pelung bagus akan dipelihara dan dirawat secara istimewa untuk dijual dengan harga tinggi atau diikutkan dalam kontes. Ayam kualitas kedua masih bisa dijual kepada penghobi, sedangkan ayam pelung tidak layak kontes akan dimanfaatkan sebagai ayam pedaging.

 

Dengan melihat potensi ayam pelung yang memiliki berbagai keunggulan tersebut, nampaknya para peternak harus mulai memikirkan ayam pelung sebagai sumber bibit ayam unggul. Tidak hanya untuk kepentingan hiasan tetapi juga konsumsi.

3 Responses to Ternak Ayam Pelung Potensi Ayam Kampung Unggul

  1. bintang says:

    Bagi yang hobi ayam Pelung, tolong bantu saya bagaimana cara mendapatkannya. Saya berencana akan ternakkan dan disilang dengan Ayam Akmpung. Terimakasih. Saya Bintang di Medan No Hp 0823 6578 3299. Terimakasih.

  2. Patrick says:

    Hello, I think it is possible to develop an Ayam Kampung broiler. The potential is there with the Ayam Pelung. I am not sure what are the best meat birds in Indonesia but, I think crossing the Pelung with another good quality meat bird could eventually develop a good tasting Ayam Kampung broiler that matures faster. The present Ayam Kampung is not very cost effective to raise as a meat chicken. The effort to bring an ayam kumpung to market is not worth the taste of the chicken. Most Indonesias seem to believe that the Kampung chicken tastes better than the broiler chicken but, I think this is more subjective than actual facts.

    admin Reply:

    Hi Patrick,
    I Think that Ayam Pelung possible to produce meat, but so far economically less than broiler. I Hope we can make Ayam Pelung more economically.

Leave a Reply

You might also likeclose