Tips Memilih Ayam Pelung Kontes

MEMILIH AYAM PELUNG — Popularitas ayam pelung memang masih kalah jika dibandingkan dengan ayam laga atau ayam bangkok. Namun demikian ayam plasma nutfah Jawa Barat ini juga tidak sedikit memiliki penggemar yang sudah menyebar di seluruh penjuru tanah air. Hal pertama yang penting dilakukan untuk mengawali ternak ayam pelung adalah memilih ayam pelung. Ayam pelung memang memiliki daya tarik tersendiri utamanya dalam hal suara yang merdu dan postur tubuh yang besar, sehingga ayam pelung dimasukkan dalam kategori ayam hias. Berbagai kejuaraan dan kontes ayam pelung sudah lazim diadakan di Jawa Barat yang diikuti ratusan peserta.

Kontes ayam pelung biasanya menjadi ajang pertemuan antara penghobi, peternak dan juga pedagang. Bukan semata-mata hadiah yang menjadi harapan tetapi juga prestise. Ayam Pelung juara akan menaikkan brand dari peternaknya yang imbasnya adalah naiknya harga ayam koleksinya. Selain itu dalam ajang kontes ayam pelung dengan mudah bisa mendapatkan pelung kualitas bagus, tentunya jika kocek memungkinkan.

Bagaimana Memilih Ayam Pelung

Gampangnya dalam memilih ayam pelung yang bagus, kita ikuti saja persyaratan dan kategori penilaian yang dilakukan pada kontes pelung. Meski sebenarnya dalam hal hobi, kalau kita suka ambil saja, meski menurut orang lain tidak bagus. Dalam setiap kontes ayam pelung, ada beberapa kriteria yang lazim dilombakan antara lain Kategori Suara ,kontes ayam pelung kategori penampilan dan kategori bobot ayam pelung. Dalam memilih ayam pelung, tinggal kita tentukan berdasarkan kriteria di atas, syukur-syukur dapat ayam pelung yang memiliki suara bagus, penampilan oke dan bobotnya juga mantab.

Kualitas Suara Ayam Pelung



Suara Ayam Pelung Juara

Dalam kontes ayam pelung suara ayam pelung dinilai berdasarkan empat hal yaitu suara awalan, suara tengah, suara akhir serta keserasian. Ayam pelung yang sudah bisa dinilai dari keempat hal ini adalah ayam yang sudah cukup dewasa dan cukup umur. Karena ayam pelung muda biasanya baru belajar berkokok sehingga masih belum sempurna. Namun bagi orang yang jeli dan berpengalaman bisa menilai potensi kokok ayam pelung ini. Penting juga diperhatikan keturunan/trah dari ayam pelung ini berasal.

Penampilan Dan Bobot Ayam Pelung

Kategori berikutnya dalam kontes ayam pelung adalah penampilan atau perfomance. Kategori ini lebih mudah dilihat secara kasat mata,yang bisa dilihat dari penampilan luar ayam pelung misalnya bentuk kepala, badan, ekor, bulu, jengger dan kaki. Karena itu dalam memilih ayam pelung untuk penampilan , pilih yang memiliki penampilan menarik, gagah dan proporsional. Untuk kategori bobot lebih mudah lagi karena yang dicari adalah bobot ayam yang paling besar berat badannya. Ayam Pelung Jantan dewasa bisa mencapai bobot 5-6 kg setiap ekor.

Penampilan-Ayam-Pelung

Ayam Pelung Juara Kategori Penampilan, Koleksi Saung Ayam Pelung Simkuring

Secara umum dalam menentukan pilihan ayam pelung dari segi penampilan adalah badan nya besar, lebih besar dari ayam kampung biasa, cakar panjang dan besar dengan warna hitam,pial besar bulat dan berwarna merah. Jengger ayam pelung yang bagus adalah yang tegak dan besar dengan warna merah berbentuk tunggal.

Jika sudah memilih ayam pelung yang memenuhi syarat-syarat seperti yang ada dalam kontes, tinggal bagaimana melakukan perawatan pelung dengan baik dan benar. Bukan tidak mustahil ayam yang punya potensi bagus drop kualitasnya jika tidak dilakukan perawatan dengan baik.

Leave a Reply

You might also likeclose