Tips Mengatasi Ayam Mengeram

MENGATASI AYAM MENGERAM — Naluri mengeram adalah hal yang umum bagi ayam buras termasuk di dalamnya ayam kampung dan ayam pelung. Inilah salah satu yang dianggap sebagai “biang” mengapa produktivitas telur ayam kampung menjadi sedikit. Karena itulah berbagai upaya mengurangi sifat mengeram ini dilakukan oleh breeder melalui berbagai cara misalnya rekayasa genetik. Cara lain adalah menggantikan tugas mengeram ayam pelung dengan ayam kampung biasa, entok atau mesin tetas. Namun karena nalurinya meski telur-telur sudah diambil tetap saja mereka ingin mengeram.

Menggantikan peran mengeram untuk babon ayam pelung ditujukan agar ia tetap produktif bertelur, apalagi jika babon tersebut memiliki kualitas bagus. Selain itu saat telur menetas, jika anak ayam diambil , ayam masih terus ingin mengeram karena merasa belum ada telur yang menetas. Tentu sayang jika ia diberi tugas untuk mengeram, karena mengurangi peluang mendapatkan jumlah keturunan bagus yang lebih banyak.

Penyebab Ayam Mengeram

Ayam buras memiliki sifat mengeram karena dipengaruhi oleh hormon Prolaxtin, suhu tubuh ayam akan meningkat pada saat selesai bertelur dan akan mengeram. Suhu tubuh inilah yang memacu hormon untuk bekerja aktif, sehingga ayam ingin mengeram dan duduk di tempat ia bertelur.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan Untuk Mengatasi Ayam mengeram setelah bertelur, antara lain:

  • Meredam naluri mengeram dengan rekayasa genetik, ini merupakan pekerjaan yang rumit dan hanya bisa dilakukan oleh ahli.
  • Memindahkan ayam dari kandang yang biasanya, jika ayam dipelihara di kandang batere pindahkan dari kandang aslinya, bisa ditukar dengan ayam lain.
  • Memandikan ayam selama beberapa menit, memandikan ayam akan menurunkan suhu tubuh yang mampu meredam naluri untuk mengeram.
  • Dijemur pada panas matahari terutama di pagi hari, bisa juga ditempatkan pada kandang yang banyak terkena sinar matahari dan lebih terbuka.
  • Tempatkan pada kandang yang tidak nyaman untuk duduk mengeram jauhkan pula dari telur ayam.
  • Letakkan pada kandang gantung, sehingga kandang sering bergerak dan membuat ayam tidak nyaman untuk mengeram.
  • Menggunakan obat penekan sifat mengeram

Berbagai cara tersebut bisa dilakukan bersama-sama atau sebagian cara. Tapi pada umumnya ayam kampung sudah bisa hilang keinginan mengeramnya setelah dimandikan, dijemur dan dipindah tempat , kurang lebih 3-4 hari sudah akan hilang keinginan mengeram dan siap berproduksi kembali. Selamat mencoba.

Leave a Reply

You might also likeclose